Skenario Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Berita
SKENARIO PEMBELAJARAN
UNTUK DIANALISIS
A. MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1.
Pendidik mengucapkan salam dan meminta Ketua Kelas
untuk memimpin do’a.
2.
Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia
Raya (jika mulai di jam pertama).
3.
Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik.
4.
Mengaitkan materi dengan pengalaman peserta
didik atau dengan tema
sebelumnya yaitu
mengidentifikasi dan menyimpulkan isi
berita.
5.
Mengajukan
pertanyaan pendahuluan:
ü Apakah
kalian tahu tentang berita?
ü Dimana
saja kita bisa membaca atau menyimak berita?
ü Unsur
apa saja yang terdapat dalam berita?
6.
Pendidik memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari teks berita dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Pendidik
menyampaikan
kompetensi
dasar, tujuan
dan garis besar kegiatan pembelajaran.
8.
Peserta didik
menyaksikan tayangan berita singkat tentang peristiwa
aktual yang
terjadi di tengah masyarakat.
9.
Peserta didik
melakukan curah pendapat untuk menggali pengalaman mereka berkaitan dengan
berita yang pernah didengar, ditonton, atau dibaca dalam kehidupan sehari-hari.
10.
Peserta didik
merepon pertanyaan-pertanyaan membangun konteks berkaitan dengan berita yang
diajukan oleh pendidik:
ü Apakah yang kalian ketahui
tentang berita?
ü Peristiwa apa saja yang sering
diberitakan?
ü Apa tujuan orang menulis dan
menyajikan berita?
ü Mengapa berita itu penting
dalam kehidupan?
ü Bagaimana pendapatmu terhadap
berita bohong atau hoax?
ü Apa sikap kamu jika mendengar
atau membaca berita bohong?
ü Bagaimana penggunaan bahasa
dalam sebuah berita?
11.
Peserta didik
menyusun pertanyaan terkait dengan teks berita.
12.
Pertanyaan yang
diharapkan muncul adalah
ü Apa saja struktur teks berita
ü Apa saja ciri kebahasan teks
berita.
ü Hal apa saja yang akan ditelaah pada
telaah teks berita?
ü Bagaimana hasil telaah struktur
teks dan kaidah kebahasaan teks
berita?
13.
Secara berkelompok peserta didik menerima lembar format
telaah berita yang didengar dan
dibaca yang telah disiapkan guru.
14.
Guru melakukan pengamatan untuk menilai sikap peserta
didik.
15.
Secara berkelompok
peserta didik mengamati beberapa berita pada koran atau majalah yang dibagikan
oleh pendidik.
16.
Peserta didik
memilih, membaca, dan mencermati satu teks berita sebagai teks model.
17.
Peserta didik
membaca mengidentifikasi dan menuliskan bagian-bagain struktur teks berita
18.
Peserta didik menuliskan
secara rinci kaidah kebahasaan yang menjadi ciri teks berita yang dibaca,
ataralain kata baku, kalimat langsung, konjungsi temporal
dan keterangan tempat dan waktu menggunakan format yang
telah disediakan.
19.
Peserta didik
menyimak berita yang diperdengarkan/tayangkan oleh pendidik.
20.
Secara berkelompok
peserta didik menelaah struktur teks dan ciri
kebahasaan teks berita yang disimak dengan
mengisi format telaah menyimak berita. Format telaah berisi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan berita, antara
lain: pokok-pokok berita pada setiap bagian
struktur teks,
21.
Secara berkelompok
peserta didik mendiskusikan dan menelaah teks berita yang dibaca dengan mengisi
format telaah yang disediakan oleh pendidik. Pada kegiatan menelaah peserta
didik mengisi format telaah berbentuk
kartu telaah yang dibagikan guru. Kartu telaah berisi berita yang akan
ditelaah dan petunjuk cara penelaahan,
yakni merici bagian-bagian struktur teks.
22.
Peserta didik
menggambarkan struktur teks berita yang dibaca beserta bukti berupa paragraf ke - serta kalimat yang disari dari teks berita
yang dibaca.
23.
Peserta didik
mendata penggunaan kata baku dan tidak baku, kalimat langsung, kata konjugsi
temporal, dan kata keterangan tempat dan waktu, menelaah ketepatan penggunaan
kata baku dan tidak baku dalam berita yang dibaca, menganalisi ketepatan
penggunaan penulisan kalimat langsung dan perbaikannya.
24.
Peserta didik
menempelkan hasil telaah (format telaah struktur teks, format telaah kaidah
kebahasaan, gambar struktur teks dan buktinya, pada kertas plano.
25.
Peserta didik melakukan kunjung kerja ke kelompok lain,
satu orang anggota kelompok bertugas menjelaskan hasil diskusi di kelompok
masing-masing.
26.
Kelompok yang dikunjungi melakukan presentasi dan
memberikan penjelasan hasil kerja kelompok, peserta didik yang berkunjung,
memberikan merespon hasil dengan memberikan tanggapan dan pertanyaan untuk
mendalami dan mengetahui kebenaran hasil telaah teks berita yang telah dibaca.
27.
Peserta didik yang bertugas mempresentasikan memberikan
penjelasan-penjelasan beserta alasan logis untuk membuktikan kebenaran hasil
telaah yang telah didiskusikan di kelompok masing-masing.
28.
Peserta didik yang berkunjung menuliskan catatan-catatan di kertas post it berupa penilaian, tanggapan,
atau masukan terhadap hasil kerja kelompok lain dan menempelkannya pada plano
hasil kerja kelompok tersebut.
29.
Setiap kelompok menempelkan hasil diskusi pada tempat
pajangan yang disediakan.
30.
Peserta didik mengungkapkan kembali tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks berita yang telah ditelaah melalui proses mendengarkan dan
membaca.
31.
Peserta didik menuliskan simpulan di “kartu simpul” yang telah disiapkan pendidik mengenai struktur teks ciri-ciri kebahasan
teks berita yang telah ditelaah melalui kegiatan mendengarkan dan membaca.
32.
Peserta didik menempelkan kartu simpul yang telah diisi
pada kertas plano yang akan dipajangkan di dinding kelas.
33.
Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama menyimpulkan struktur teks dan ciri kebahasan
teks berita.
34.
Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pembelajaran yang
diberikan oleh pendidik untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
35.
Guru
dan peserta didik Menyimpulkan pembelajaran tentang menelaah
teks berita
36.
Peserta
didik dan pendidik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilakukan.
37.
Pendidik
menyampaikan tugas membaca materi untuk pertemuan selanjutnya yaitu menyajikan
teks berita.
38.
Peserta
didik dan pendidik mengakhiri kegiatan pelajaran dengan mengucapkan salam.
Tidak ada komentar