Kunci Belajar dari Rumah yang Menyenangkan
1. Guru harus mempunyai kemampuan dalam memanfaatkan teknologi
Pertama, yang harus dilakukan oleh seorang guru di masa pandemi covid-19 ini adalah penguasaan teknologi untuk menunjang pembelajaran daring. Walaupun siswa di rumah kan, guru tetap harus ke sekolah untuk mempersiapkan tugas daring kepada siswanya. Oleh karena itu, sekolah harus memberikan bekal dan fasilitas kepada guru dengan workshop atau pelatihan kecil pembuatan bahan ajar secara daring, intinya, guru harus belajar lagi dan bisa memberdayakan teknologi yang ada, karena yang dihadapi oleh guru sekarang ini adalah kaum milenial yang melek teknologi. Apa saja contoh media pembelajaran daring yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan tugas dan materi yang menyenangkan ini, diantaranya adalah dengan presentasi Zoom, penugasan via Google Classroom, pre-test atau post-test dengan Quizizz, dan pemberian tugas proyek dengan pemanfaatan Google Drive, presentasi interaktif dengan Peardeck, dan lain-lain. Hal ini mutlak harus dilakukan untuk mentransfer knowledge kepada peserta didik secara menarik dan efektif.
2. Bisa menciptakan pembelajaran terencana dan efektif
Kedua, selain menguasai teknologi yang harus dipersiapkan seorang guru adalah menyajikan pembelajaran terencana dan efektif dalam keterbatasan waktu. Hal ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan quality lesson plan dan mengatur langkah-langkah pembelajaran yang detail.
Guru dan siswa dapat menetapkan tujuan pembelajaran sesuai ketersediaan waktu dan memilih materi yang akan disampaikan dengan langkah-langkah tepat dan akurat. Di sini guru dituntut pula untuk mengatur waktu dengan baik. Guru memberikan dan memgumpulkan tugas dengan fleksibel, karena tidak setiap siswa difasilitasi gawai masing-masing. Banyak siswa yang membuat tugas harus menunggu orang tua mereka pulang kerja terlebih dahulu.
3. Mampu menyatukan persepsi dan konsentrasi siswa
Ketiga adalah bagaimana guru mampu menyatukan persepsi dan konsentrasi anak-anak didik yang juga memiliki peran strategis membuat tangguh siswa dengan berusaha memotivasi mereka untuk disiplin belajar, semangat melaksanakan tugas, aktif dalam sesi presentasi, dan menghidupkan interaksi daring dengan guru dan teman.
Mereka harus tetap berusaha berkarya melalui pemanfaatan berbagai media dan sumber belajar, yang bisa dilihat dan di dapatkan di mana saja. Baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Untuk itu perlu didorong terciptanya kolaborasi antara orang tua dan pihak sekolah. Guru harus kreatif dalam meramu materi, menggunakan metode menyenangkan, dan memberikan tugas yang dapat menstimulasi siswa bertanya kepada guru, teman sekelas, maupun orang tua.
Hal ini dapat mendorong kolaborasi antara orang tua dan siswa dalam membantu kebutuhan belajar siswa. Pembelajaran dan penugasan daring menuntut orang tua ikut aktif melihat bagaimana aktivitas anak-anak bahkan bisa menjadi teman dan motivator dalam belajar anak. Sedangkan di pihak lain guru terus melakukan kontrol dan umpan balik melalui media daring tersebut untuk dapat memastikan siswa semuanya melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik.
4. Mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna
Konsep pembelajaran bermakna dan menyenangkan juga harus mampu dilaksanakan oleh setiap guru kepada siswanya di rumah. Agar para siswa dapat terinspirasi dalam pembelajaran di masa pandemi ini, salah satunya adalah membuat project lagu yang digunakan sebagai kampanye mengurangi penyebaran virus melalui pelajaran musik, atau kesenian. Praktiknya, Anak-anak akan menghafal dan menyanyikan bersama sebuah lagu yang diciptkan tentang Covid, lalu menyanyikan dan di vidiokan dalam bentuk project bersama dengan keluarga.Selain memberikan informasi dasar tentang virus corona dalam bahasa sederhana, lagu ini juga mengkampanyekan pola hidup sehat sebagai upaya menanggulangi Covid-19.
Selain itu, siswa juga bisa ditugaskan untuk membuat gambar atau lukisan tentang menjaga kebersihan dan pola hidup sehat. Membuat komik tentang covid-19, menulis cerita dan pengalaman selama belajar di rumah, mencipta puisi dan cerpen yang berkenaan dengan pandemi ini. Hal ini bisa memberikan pengalaman dan hal yang positif bagi siswa. Mereka bahagia, pembelajaran berjalan dengan seru dan menyenangkan, karena sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki.
Itulah beberapa kunci belajar yang menyenangkan walaupun dari rumah. Jika semua hal ini terlaksana dengan baik, maka sistem pembelajaran daring ini tidak mengurangi kualitas pembelajaran. Karena belajar di masa pandemi ini tidak melulu harus mengejar target kurikulum, penanaman nilai karakter dan aqidah tetap harus diperhatikan. Motivasi dan pesan tetap harus diselipkan di setiap materi yang diberikan, karena pembangunan sumber daya manusia yang berkulitass mulai dari bangku pendidikan.
Jadi kunci efektifitas sistem pembelajaran daring adalah bagaimana seorang guru harus kreatif dan inovatif menciptakan dan menyajikan materi pembelajarannya. Sehingga pembelajaran berlangsung dengan menyenangkan dan mudah dimengerti para siswa dan mereka tidak merasa bosan dan tetap produktif dari rumah.
Jika semua telah berjalan sesuai dengan mestinya, sudah pasti tonggak estafet kepemimpinan bangsa untuk mengisi pembangunan ini akan bisa dilanjutkan oleh mereka kelak ketika tiba waktunya. Merdeka
.
https://www.dillaspd.my.id/2020/08/kunci-belajar-dari-rumah-yang.html peserta lomba nomor 109
BalasHapusMakasih pak.🙏
Hapus