Breaking News

SOAL-SOAL PEDAGOGIK UKG, PPG DAN OGN Guru

 Guru adalah sebuah profesi profesional. Sejak di dikeluarkannya undang undang guru dan dosen, di zaman presiden SBY dulu, sekarang ini semua guru dan dosen harus memiliki sertifikat profesi. Sebagai tanda bahwa profesi guru tidak bisa dipandang sebelah mata lagi.    

Untuk mendapatkan sertifikat profesi itu, setiap guru yang akan sertifikasi harus mengikuti ujian keprofesionalan. Baik berupa UKG dan PPG. Berikut saya akan share beberapa soal untuk mengikuti UKG dan PPG bagi calon guru sertifikasi. Setelah saya pelajari dan sudah menjalani, ternyata untuk mengikuti Olimpiade Guru Nasional pun (OGN) soal pedagogik nya sama.   Jadi silakan belajar bagi teman-teman yang membutuhkan. 

Soal ini sudah langsung dengan kunci nya. 

Contoh Soal UKG, PPG, dan OGN  Pedagogik 

1. Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain....
a. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b. guru mengevaluasi kembali rancangan, mengatasi kelemahan yang ada
c. guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
d. guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru

2. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru....
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.

3. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yan diharapkan
d. merencanakan pengajaran remedi.

4. Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda antara lain...
a. membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b. menklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c. mencari berapa rata-rata nilai kelas
d. memberikan pembobotan nilai untuktiap soal.

5. Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat dengan objek-objek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia....
a. 1 - 2 tahun
b. 2 - 7 tahun
c. 7 - 11/12 tahun
d. 11/12 - 14/15 tahun

6.    Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia....
a.    3—5 tahun
b.    6 -- 8 tahun 
c.    10 – 12 tahun.
d.    15 – 18 tahun

7.    Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan....
a.    Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor).
b.    Dominasi pengamatan bersifat egosentris
c.    Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
d.    Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konrit (operasional formal
8.    Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral.... 
a.    Prekonvensional
b.    Konvensional.
c.    Postkonvensional
d.    Interkonvensional

9.    Pandangan dan pahamke-Tuhan-an diterangkan secara nasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber pada tanda alam semesta sebagai pengejawantahan (manifestasi) dari keberadaan dan keagungan-Nya.Pernyataan ini merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan pada masa....
a.    Kanak-kanak.
b.    Anak sekolah
c.    Remaja
d.    Masa remaja akhir

10.    Masa anak berusia 13-16 tahun (remaja awal) mencapai tahap perkembangan sosial dengan hubungan aku engkau atau hubungan subyektif-obyektif perkembangan dalam tahapan ini berlangsung secara....
a.    Subyektif
b.    Subyektif menuju obyektif
c.    Pra-puber.
d.    Obyektif


11. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah....
a.  Impulsive
b.  Reflektif
c.  Gaya berfikir terikat
d.  Gaya berfikir bebas.

12. Salah satu cirri belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah....
a.  Pembelajaran sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b.  Guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
c.  Pengetahuan dibanggun sedikit demi sedikit hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas.
d.  Kegiatan pembelajarn dipilih atas dasar minat siswa

13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
     1. Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
     2. Pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan respon
     3. Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
     4. Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku behavioristik adalah....
a.  1 dan 2.
b.  2 dan 3
c.  1 dan 3
d.  3 dan 4

14. Deni adalah seorang siswa berprestasi sehingga mendapat penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan CBSA, materi pelajaran disajikan dalam bentuk unit-unit kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu hasilnya.PBM yang dilakukan guru tersebut dilandasi oleh teori belajar....
a.  Behavioristik
b.  Konstruktivistik
c.  Humanisme.
d.  Gestalt

15. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut
1. Siswa dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerpkanya ke situasi   

     lain
2. Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan
3. Guru memfailitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siwa
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang

    disarankan
Pernyataan di atas yang merupakan karkteristik teori belajar konstruktivistik adalah....
a.  1, 2, dan 3
b.  1, 2, dan 4
c.  2, 3, dan 4.
d.  2 dan 3
Contoh Soal Pedagogik GuruPilih salah satu jawaban yang paling benar !

1. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain  terlihat dalam upaya guru …

a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran

b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat

c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

d. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.

2. Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain …

a. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan

b. guru melakukan introspekksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru

c. guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional

d. guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada

3. Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat  digunakan guru untuk :

a.   mempertahankan kebiasaan mengajar karena  sudah lama dan banyak pengalaman

b.  mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan  pembelajaran

c. merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan

d. melakukan latihan tambahan berupa test untuk para siswa

4. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar  optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

b. memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

c. memberian tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang  tinggi berikut instrumen testnya yang sesuai

d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-  soal  yang memiliki kesulitan tinggi

5. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….

a. proses pengajaran remidial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa

b. tujuan pengajaran remidial adalah sama dengan test diagnostic

c. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa

d. strategi yang dipilih hanya berbentuk test ulang

6. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru….

a. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial

b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan  hasil  temuan analisis evaluasi belajar siswa

c. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada

d. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

7. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara  lain sebagai berikut...

a. menentukan kriteria keberhasilan belajar

b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan

d. merencanakan pengajaran remidi

8. Perhatikan pernyataan-pernyatan berikut:

1. Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi

2. Menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar dijawab siswa

3. Menganalisis latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka

4. Mengevaluasi sitem PBM secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar

Pernyataan di atas yang merupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi hasil belajar adalah...

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 4

d. 3 dan 4

9. Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru...

a. memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap siswa dalam  kegiatan di kelas

b. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas sangat positip

c. merencanakan pembelajaran remidial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian non test

d. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas kurang baik

10. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….

a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa

b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa

c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik  oleh guru dan rekan siswa dalam sustu album sebagai bukti hasil belajar

d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian   diberikan pengajaran dan test remidial                  Demikianlah soal.pedagogik yang bisa saya share di blog ini, bagi yang ingin melihat soal profesional untuk. Bidang studi bahasa Iindonesia  boleh menjelajahi blog ini. dillaspd.my.id     

Bagi yang ingin bertanya dan ingin saya menulis tentang yang lain boleh tinggalkan jejak di komen.  

Tidak ada komentar