SOAL-SOAL PEDAGOGIK UKG, PPG DAN OGN Guru
Guru adalah sebuah profesi profesional. Sejak di dikeluarkannya undang undang guru dan dosen, di zaman presiden SBY dulu, sekarang ini semua guru dan dosen harus memiliki sertifikat profesi. Sebagai tanda bahwa profesi guru tidak bisa dipandang sebelah mata lagi.
Untuk mendapatkan sertifikat profesi itu, setiap guru yang akan sertifikasi harus mengikuti ujian keprofesionalan. Baik berupa UKG dan PPG. Berikut saya akan share beberapa soal untuk mengikuti UKG dan PPG bagi calon guru sertifikasi. Setelah saya pelajari dan sudah menjalani, ternyata untuk mengikuti Olimpiade Guru Nasional pun (OGN) soal pedagogik nya sama. Jadi silakan belajar bagi teman-teman yang membutuhkan.
Soal ini sudah langsung dengan kunci nya.
Contoh Soal UKG, PPG, dan OGN Pedagogik
1. Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan
pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara
lain....
a. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan
peningkatan
b. guru mengevaluasi kembali rancangan, mengatasi kelemahan
yang ada
c. guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian
Nasional
d. guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
2. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial
antara lain terlihat dalam upaya guru....
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang
tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di
sekitar siswa.
3. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yan
diharapkan
d. merencanakan pengajaran remedi.
4. Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk
soal pilihan ganda antara lain...
a. membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b. menklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c. mencari berapa rata-rata nilai kelas
d. memberikan pembobotan nilai untuktiap soal.
5. Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah
logika tapi masih terikat dengan objek-objek bersifat kongkrit merupakan
ciri-ciri kemampuan anak berusia....
a. 1 - 2 tahun
b. 2 - 7 tahun
c. 7 - 11/12 tahun
d. 11/12 - 14/15 tahun
6. Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang
bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya
merupakan ciri-ciri anak berusia....
a. 3—5 tahun
b. 6 -- 8 tahun
c. 10 – 12 tahun.
d. 15 – 18 tahun
7. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng,
globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media
adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai
tahapan....
a. Pengamatan dan penginderaan yang intensif
terhadap lingkunganya (sensomotor).
b. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
c. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait
dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
d. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat
lagi dengan obyek yang bersifat konrit (operasional formal
8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh
keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social
bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral....
a. Prekonvensional
b. Konvensional.
c. Postkonvensional
d. Interkonvensional
9. Pandangan dan pahamke-Tuhan-an diterangkan
secara nasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber pada tanda alam
semesta sebagai pengejawantahan (manifestasi) dari keberadaan dan
keagungan-Nya.Pernyataan ini merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan
pada masa....
a. Kanak-kanak.
b. Anak sekolah
c. Remaja
d. Masa remaja akhir
10. Masa anak berusia 13-16 tahun (remaja awal)
mencapai tahap perkembangan sosial dengan hubungan aku engkau atau hubungan
subyektif-obyektif perkembangan dalam tahapan ini berlangsung secara....
a. Subyektif
b. Subyektif menuju obyektif
c. Pra-puber.
d. Obyektif
11. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa
mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya
belajar para siswa tersebut adalah....
a. Impulsive
b. Reflektif
c. Gaya berfikir terikat
d. Gaya berfikir bebas.
12. Salah satu cirri belajar rekonstruksionisme dalam proses
pembelajaran adalah....
a. Pembelajaran sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b. Guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
c. Pengetahuan dibanggun sedikit demi sedikit hasilnya
diperluas melalui konteks yang terbatas.
d. Kegiatan pembelajarn dipilih atas dasar minat siswa
13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2. Pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan respon
3. Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa
melalui pengalaman belajar mandiri
4. Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku
behavioristik adalah....
a. 1 dan 2.
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 3 dan 4
14. Deni adalah seorang siswa berprestasi sehingga mendapat
penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar.
Gurunya mengutamakan CBSA, materi pelajaran disajikan dalam bentuk unit-unit
kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang
ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu hasilnya.PBM yang dilakukan guru
tersebut dilandasi oleh teori belajar....
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Humanisme.
d. Gestalt
15. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut
1. Siswa dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerpkanya ke
situasi
lain
2. Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan
3. Guru memfailitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siwa
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang
disarankan
Pernyataan di atas yang merupakan karkteristik teori belajar konstruktivistik
adalah....
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4.
d. 2 dan 3
Contoh Soal Pedagogik
GuruPilih salah satu jawaban yang paling benar !
1. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru …
a. memberikan
contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih
bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan
bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
2. Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain …
a. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b. guru
melakukan introspekksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
c. guru
merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
d. guru
mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada
3. Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan guru untuk :
a.
mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak pengalaman
b. mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran
c. merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan
d. melakukan latihan tambahan berupa test untuk para siswa
4. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b. memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
c. memberian tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen testnya yang sesuai
d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal- soal yang memiliki kesulitan tinggi
5. Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan
belajar ….
a. proses
pengajaran remidial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
b. tujuan
pengajaran remidial adalah sama dengan test diagnostic
c. sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. strategi yang dipilih hanya berbentuk test ulang
6. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru….
a. membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
c. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
7. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut...
a. menentukan
kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian
belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
8. Perhatikan
pernyataan-pernyatan berikut:
1.
Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2.
Menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar dijawab
siswa
3.
Menganalisis latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka
4.
Mengevaluasi sitem PBM secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis
penilaian belajar
Pernyataan
di atas yang merupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi
hasil belajar adalah...
a. 1
dan 2
b. 1
dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
9. Upaya
untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru...
a. memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas
b. melakukan
wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas sangat positip
c. merencanakan pembelajaran remidial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian non test
d. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas kurang baik
10. Penilaian
portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
a. memberikan
penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam sustu album sebagai bukti hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan test remidial Demikianlah soal.pedagogik yang bisa saya share di blog ini, bagi yang ingin melihat soal profesional untuk. Bidang studi bahasa Iindonesia boleh menjelajahi blog ini. dillaspd.my.id
Bagi yang ingin bertanya dan ingin saya menulis tentang yang lain boleh tinggalkan jejak di komen.
Tidak ada komentar