SOAL TES OGN 2022
WAWASAN
KEPENDIDIKAN (KOMPETENSI PEDAGOGIK)
Berikut disajikan soal persiapan tes
online pedagogik yang disusun berdasarkan 10
(sepuluh) kompetensi pedagogik guru dalam permendiknas nomor 16 tahun
2007.
PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1. Pernyataan berikut yang menjelaskan
makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2. Perkembangan kognitif merupakan
salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor
utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah.....
A. inspirasi
B. budaya
C. inspirasi
D. pengasuhan
dan lingkungan
3. Kemampuan berfikir untuk
mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek
bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7
-- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi,
kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS
sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang
dikenal sebagai tahapan
A. Anak
memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang
intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat
egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL
PESERTA DIDIK
5. Kemampuan peserta didik untuk
membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang peserta didik selalu ingin
mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota
lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan
mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar
sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami
permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK
7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku
moral-spritual pada tahapan ...
a.
penalaran pascakonvensional
b. penalaran konvensional
c. penalaran prakonvensional
d. penalaran interkonvensional
8. Individu memandang apa yang
diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung
aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang
berharga.
Pernyataan tersebut merupakan
tahapan perkembangan moral
a. Prakonvensional
b. Konvensional
c.
Pascakonvensional
d. Interkonvensional
SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA
9. Memaksimalkan kegiatan
ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan
informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan
hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
10. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang
disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia
dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal
....
A. kesulitan akademis
B.
gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
11. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada
maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan
masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan
penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu
siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
12. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk
mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor
sosial adalah …
A. sosiometri
B. angket
C. wawancara
D. brainstorming
SOAL TEORI BELAJAR
13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil
dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan
dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya
(law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
4. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan
situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis),
mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola),
menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar
tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah
sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini
adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap
saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi
yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan
diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman
yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam
struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan
proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai
dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan pelaksanaan
pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
B. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
C. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai
rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi
kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai
kompetensi dasar
B. Silabus
bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari
standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh
setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
21. Salah satu prinsip dalam penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau
bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber
dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP
untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan
bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri
kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah
pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan
musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan
balik dan tindak lanjut
B. Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
23. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, sÃntesis.
24. Taksonomi Anderson dan Krathwol
menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
sÃntesis
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
25. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain;
berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
26. Faktor yang penting dipertimbangkan
guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang
tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah
yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta
didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
27. Fungsi indikator dijadikan sebagai
penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
28. Apa yang paling tepat dilakukan guru,
jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang
diajukan ?
A. Menunjuk
peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan
kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan
isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip sistematis sebagai salah satu
prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan,
kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai
dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual
peserta didik.
B. Adanya hubungan
yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah
sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan
teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman
nyata
D. Menggunakan satu sumber
31. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu
Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji
kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman
ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut
memenuhi kriteria…
A. Sahih
B.
Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai
dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap
lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti
pola....
A. Kausal
B.
Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
33. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan
tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar
individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan
media termasuk ke dalam
kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
34. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat
menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam
pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik
terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui latar
sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik
harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan diri
dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus
dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari
kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A. media yang memiliki daya liput yang
luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan
media yang dapat dilihat
C. media tradisional dan media berbasis
TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
36. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah
berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat
memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki
beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu
teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media,
waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks
penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik
media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
37. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan
sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut
yang benar terkait dengan media pembelajaran
adalah:
A. media pembelajaran yang paling baik
adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan untuk
semua kegiatan
pembelajaran
C. media
dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
38. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang
bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki
tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya,
media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan
tersebut adalah:
A. Menampilkan objek yang terlalu
besar
B. Membuat
konkrit konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak dapat
diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini
dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan
efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan
besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi
dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar,
misalnya pasar, candi.
B. Membawa objek yang berbahaya atau
sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak,
misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
40. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan
catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara
umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut
adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google
untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi
dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah
internet tersebut adalah…
A. program mencari
informasi
B. program desktop publishing
C. program
untuk menjelajahi laman
D. program penciptaan laman
42. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul
dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari
(search engine).
Salah satu laman yang berfungsi
sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
43. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh
surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran
Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut
adalah...
A.
Microsoft Database
B.
Microsoft PowerPoint
C.
Microsoft Desktop
Publishing
D. Microsoft Word
44. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft
powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing
SOAL MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
45. pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu
merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B.
saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh
Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek
based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
47. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini
tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning
48. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan
model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan
proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate
the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara
mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
Jika langkah-langkah tersebut
disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan
langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B.
2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
SOAL PENILAIAN
50. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A. Kompleksitas indikator, daya dukung,
dan kemampuan guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana,
dan intake siswa
C. Kompleksitas indikator, daya dukung,
dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
51. Fungsi KKM adalah sebagai berikut,
kecuali....
A. sebagai acuan
peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan
target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan
sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program
pembelajaran yang dilaksanakan di
sekolah.
D Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
52. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
53. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat
pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan
pelajaran baru
C. Mengetahui
jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
54. Instrumen yang diguanakan untuk menilai
perilaku siswa dalam proses
pembelajaran adalah:
A. Pedoman
observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman
wawancara
D. Tes hasil belajar
55. Sebelum guru menyusun
soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali
harus dipelajari:
A. Buku sumber
yang digunakan
B. Kurikulum dan
silabus
C. Indikator pencapaian
kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
56. Salah satu prinsip
dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu
artinya:
A. penilaian
berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan
kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
58. Untuk
mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu
rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
59. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil belajar peserta didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
60. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
A. Objektivitas.
B. Terpadu
C. Menyeluruh
D. Klasikal
Tidak ada komentar