SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP
Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak
Bacalah paragraf
berikut!
Bacalah paragraf
berikut!
1. Arti kata yang bercetak miring dalam paragraf tersebut
adalah ….a. Menjalankan kembali
b. Menanamkan kembali
c. Menggiatkan kembali
d. Mengingatkan kembali
a. Aktif
di organisasi daerah dan melaksankan tugas negara dengan baik.
b. Organisasi
yang diikuti adalh Jong Sumatera Bond.
c. Selalu
memikirkan penderitaa rakyat dan bergabung dengan Jong Sumatranen Bond.
d. Aktif
beroganisasi dan memikirkan penderitaan rakyat.
Amir hamzah mamulai kepenyairannya pada usia belia. Ketika ia masih duduk di bangku AMS, puisi-puisinya telah dimuat di majalah Timbul dan Panji Pustaka . Amir Hamzah terus menulis hingga ia menjadi mahsiswa di Sekolah Hakim Tinggi Jakarta. Amir Hamzah mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru oleh H.B Yasin. Menurut H.B Yasin, Amir Hamzah adalah penyair yang sangat produktif.
a. Memulai
kepenyairannya pada usia muda
b. Puisinya
telah dimuat di majalah Timbul
c. Dduduk
di bangku AMS
d. Mendapat
julukan Raja Penyair Pujangga Baru
Ada ungkapan
bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Setiap orang pasti mempunyai pengalaman.
Ada pengalaman lucu, menyedihkan, membahagiakan menggembirakan, atau
menjengkelkan. Pengalaman –pengalaman tersebut terutama yang berkesan dapat
dijadikan bahan penulisan sebuah cerpen. Selain berdasar pada pengalaman
pribadi, kita juga dapat menulis cerpen berdasar pengalama orang lain yang kita
ketahui. Sebagai contoh koran, majalah, buku, seperti Chicken Soup for The Soul terdapat banyak kisah pengalaman
seseorang. Kita dapat mengembangkan dan mengolah cerita
menjadi cerpen dengan menambahkan imajinasi serta pengetahuanI.
a. Pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain dapat dijadikan
bahan menulis cerpen dengan menambahkan
imajinasi dan pengetahuan.
b. Pengalaman sebagai guru
terbaik dalam menulis cerepen lucu, menyedihkan,, membahagiakan, atau
menjengkelkan.
c. Pengalaman orang lain dapat dikembangkan menjadi cerpen dengan menambahkan imajinasi dan pengetahuan.
d.
pengalaman setiap orang
dapat dijadikan bahan penulisan sebuah cerpen di koran, majalah, atau buku.
5.
(1)Cerpen-cerpen di buku ini ditulis Rendra dengan
kesederhanaan bahasa, tanpa sedikit
pun mengurangi keagungan cerita dan selipan makna. (2)Buku Pacar Seorang Seniman ini
diterbitkan Bentang Pustaka, tahun 2015. (3)Buku
setebal 183 halaman ini merupakan kumpulan cerpen. (4)Naskah dalam buku ini hadir dengan
penuh keautentikan, penyunting dan penerbit tidak pernah sekali pun berani
mengutak-atik kalimat-kalimat
bentukan Rendra. (5)Di beberapa kalimat memang tampak
kalimat tidak efektif.
A. (1) C. (4)
B. (3) D. (5)
Perilaku nakal remaja dapat disebabkan oleh faktor remaja itu sendiri
dan faktor dari luar. Kenakalan remaja dapat disebabkan oleh kontrol diri
lemah. Remaja yang tidak dapat membedakan perilaku baik dan buruk akan mudah terseret pada
perilaku nakal. Kenakalan remaja juga disebabkan oleh kurangnya sosialisasi
dari orang tua ke anak mengenai nilai-nilai moral dan sosial. Kurangnya
pengawasan dan disiplin yang diterapkan orang tua kepada anak juga memengaruhi
kenakalan remaja. Selain itu, kenakalan remaja juga disebabkan oleh tingginya
konflik dan perilaku agresif dalam lingkungan keluarga.
Gagasan utama paragraf tersebut
adalah ...
- Tingginya
konflik dan perilaku agresif di lingkungan keluarga memengaruhi kenakalan
remaja.
- Kenakalan
remaja disebabkan oleh kurangnya
sosialisasi dari orang tua ke anak mengenai nilai moral dan sosial.
- Kontrol
diri yang lemah memudahkan remaja terseret dalam perilaku kenakalan
remaja.
- Faktor
penyebab kenakalan remaja berasal dari faktor remaja itu sendiri dan
faktor dari luar.
(1)Permainan
Pokemon Go resmi dirilis pada 6 Juli. (2)Dimulai dari Australia, Selandia
Baru, lalu AS dan Kanada. (3)Sejak
saat itu, permainan tersebut
berturut-turut meluas ke negara lain. Termasuk Indonesia, yang kebagian jadwal
rills 6 Agustus.
(Jawa Pos 6 November 2016)
Kalimat utama paragraf kedua ditandai
nomor ...
A. (1) C. 3
B. (2) D. 4
Keberadaan
hutan sangat penting. Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis satwa liar.
Saat ini jumlah satwa liar yang hidup di hutan semakin berkurang. Manusia terus
memburu satwa liar yang ada di dalam hutan dan mengambil sumber daya yang ada.
Bila kejadian ini dibiarkan terus-menerus, satwa liar dan hutan akan punah.
Simpulan isi
paragraf tersebut adalah ...
- Kelestarian
hutan sudah tidak dipedulikan lagi oleh manusia yang tidak bertanggung
jawab.
- Kelestarian
hutan perlu dijaga agar satwa liar di hutan tidak punah.
- Manusia
terus memanfaatkan hutan demi kepentingan dirinya tanpa tanggung jawab.
- Bila
pembabatan hutan terus dilakukan tanpa aturan hutan akan habis.
(1)Minat baca masyarakat Indonesia, terutama anak-anak dan generasi muda, masih sangat rendah. (2)Hal ini diperparah dengan perkembangan pesat teknologi yang menjadi faktor penghambat menumbuhkan minat baca bagi anak-anak (3)Fenomena itu membuat Lukman Sardi, aktor, prihatin. (4)Dia berkomitmen menumbuhkan minat baca. (5)Melalui gerakan sosial Pengetahuan Itu Kekuatan, dia aktif menumbuhkan minat baca, mulai anak-anaknya sendiri hingga generasi muda.
Pendapat yang
mendukung pada teks tersebut ditandai nomor ...
A. (2) C. 4
B. (3) D. 5
Teks I |
Salah satu
wisata alam di Kabupaten
Bangka Tengah adalah Hutan Palawan.
Letaknya di Desa Namang di daratan Pulau Bangka.
Luasnya sekitar 300 hektare. Hutan
berstatus hutan keanekaragaman
hayati. Komposisinya 47 hektare dijadikan taman wisata dan sisanya hutan adat (Republika, 6 November 2016) |
Teks 2 |
Hadir sejak
1887, Stasiun Kemayoran terns tumbuh. Sejalan dengan masa jaya pariwisata di daratan Jawa. Stasiun
ini menjadi pintu gerbang dari Batavia ke sejumlah destinasi wisata. Sampai
mendekati ujung abad ke-19, kini Stasiun itu tidak lagi berjaya. Banyak
cerita tersimpan di Stasiun Kemayoran ini. (Jawa Pos, 6 November 20160 |
Perbedaan pola
penyajian kedua teks tersebut adalah ...
|
Te ks I |
Teks 2 |
A |
teknik
penjelasan |
teknik
penceritaan |
B |
urutan waktu |
urutan ruang |
C |
umum - khusus |
khusus - umum |
D |
sebab-akibat |
akibat -
sebab |
Ranu
adalah anak pertamaku. Sebetulnya aku dan istriku, Mayang sudah kepingin lagi
memiliki anak kedua, tetapi Tuhan belum mempercayai kami.
“Ranu,
jangan ganggu ayah, ayah capek!" Suara Mayang tak menghentikan tawa Ranu. Aku segera membopong bocah
yang rambutnya seperti rambut jagung itu ke dalam kamar. Selanjutnya, suara
Mayang lebih terdengar seperti air
kran.
“Tadi
Ranu belajar apa di sekolah, Nak?" Tahun ini adalah tahun pertama Ranu
kumasukkan sekolah TK, barn sebulan, tetapi dia sudah sudah tidak mau ditunggu
ibunya.
"Tadi
Ranu disuruh cerita tentang ayah. Semua teman Ranu juga"
“Oya?
Terus Ranu cerita apa,
sayang?"
“Ranu
cerita, ayah suka ajak Ranu jalan-jalan, sama Bunda juga. Ayah kalau malam
tidak mau gosok gigi, kalau pagi suka ajak Ranu pergi burn-burn ke sekolah.
Terus ... Ranu juga cerita kalau ayah
Ranu itu paling hebaaattt” (Ayah Justto Lasoo)
- mengajak
- memohon
- mendekap
- mempersilakan
- rajin
dan mania
- mania
dan apatis
- polos
dan cekatan
- lugu
dan pemberani
- rumah,
sore hari
- kantor,
slang hari
- sekolah,
pagi hari
- kamar
tidur, pagi hari
A.
konflik fisik antara Rere dan Marwa.
B.
konflik fisik antara tokoh aku dan Rere.
C.
konflik batin antara Rere dan Marwa.
D.
konflik batin tokoh aku terhadap Rere.
"Sudahlah,
De. Kamu masih bisa masuk
universitas swasta dengan jurusan itu," kata Oky. Oky, Ade, dan Masani Uga
sekawan yang sudah bersahabat sejak SMP. Ade memang terobsesi sekali membangun jembatan dengan sedikit tiang. Sedang Oky yang hobi baris-berbaris bercita-cita menjadi perwira angkatan
darat Masani yang agak unik, bagi
dia tidak perlu cita-cita. Jadi apa pun yang penting
bahagia. Kalau perlu jadi tukang nasi uduk di
pinggir jalan pun tidak masalah.
Mereka
berasal dan keluarga yang berlatar belakang ekonomi berbeda. Masani anak pengusaha sukses orang terkaya di
Gang Mandor Hasan. Tidak sombong apalagi angkuh. Sedangkan Ade Saputra anak
semata wayang ibunya pengusaha catering, bapaknya bos bajaj. Oky, anak
koordinator parkir di Pasar
Induk, ibunya supir busway. Walaupun dia jarang
bertemu ibu bapaknya, dia anak yang baik.
Makna simbol semata wayang pada teks tersebut adalah ...
- anak
kesayangan
- anak satu-satunya
- anak yang penurut
- anak
laki-laki satu-satunya
A.
Saling menyemangati jika ada teman bermasalah.
B.
Setiap orang harus mempunyai cita-cita
setinggi-tingginya.
C.
Memanfaatkan kekayaan orang tua untuk
berfoya-foya.
D.
Apa pun pekerjaan orang tua harus dihargai dan
disyukuri.
A.
Ketiga sahabat memiliki cita-cita yang berbeda-beda.
B.
Ade Syaputra tidak diterima di suatu universitas
negeri.
C.
Malas belajar sehingga masuk ke perguruan tinggi
swasta.
D.
Gagal masuk ke perguruan tinggi yang
diidolakannnya.
A.
Ade Syaputra sempat prustasi awalnya.
B.
Oky
dan Masani berusaha membujuk Ade Syaputra.
C.
Jembatan
yang dicita-citakannya tidak terwujud
D.
Ade
Syaputra beralih cita-cita menjadi seorang tentara
SaIju mulai turun. Asger tak sabar ingin keluar. Haldor, saudaranya, masih tidur. Namun, ibu
melarangnya.
"Musim gugur baru
berlalu. Saljunya masih tipis," ucap lbu.
Asger tinggal di Kutub
Utara. Hampir sepanjang tahun hamparan salju menutupi tanah. Bunga saxifrage
ungu dan tanaman bearberry tertutup salju.
Haldor memutar kepalanya dengan tenang. Ia pelan‑pelan mengangkat hidungnya dan menghirup hawa di
sekitarnya.
"Belum tercium apa-apa," ujar Asger kecewa.
Mereka menunggu di dekat sebuah lubang papas yang ada di lapian salju
tebal.
(Bobo, 20
Oktober 2016)
Semangat Runi makin bertambah mendengar pujian Datuk. la melanjutkan
lagi memahat batu itu. Setelah beberapa pukulan, batu itu masih belum berwujud. Akhirnya, ia kelelahan. la pun menyusul
Datuk yang masih asyik mengamati arca-arca yang ada di taman. Kali ini ia dapat menikmati keindahan arca-arca batu itu. Ia juga berubah
menjadi pengagum ukiran pada batu seperti Datuk.
Suatu hari Datuk berjalan-jalan ke museum. la meminta keluarga Pak Heru untuk menemaninya. Sayang, saat itu Pak Heru tidak dapat
mengantarkan karena mobilnya rusak
Sementara Pak Heru dan Bu Dani ke
bengkel, Rudi dan Runi menemani Datuk berjalan-jalan di museum. (Bobo, 20 Oktober 2016)
|
Teks I |
Teks 2 |
A |
diawali perkenalan |
diawali konflik |
B |
Diawali pemunculan masalah |
diawali perkenalan |
C |
diawali perkenalan |
diawali penyelesaian |
D |
diawali konflik |
Diawali penurunan masalah |
|
Teks I |
Teks 2 |
A |
Tidak menggunakan kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya |
menggunakan kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya |
B |
Banyak menggunakan kalimat perbandingan |
Banyak menggunakan kalimat pertentanga |
C |
Kalimatnya panjang-panjang dan komplek |
Kalimatnya pendek-pendek dan sederhana |
D |
Menggunakan kata asing |
Menggunakan kata ragam lisan |
Berhari-hari setelahnya, aku
terus bertanya pada ibu, apakah aku punya ayah. Tapi, ibu tak pernah
menjawabnya.
Saat itu aku memang tak
pernah melihat atau bertemu dengan seseorang yang bisa aku panggil ayah. Setahuku,
aku hanya punya kakek, nenek, Pakde Bowo, Budhe dan Mas Anung. Iya, hanya itu,
tidak ada ayah di antara mereka.
Ibu baru memberi tahu aku, tentang ayah, saat aku naik ke kelas dua SD.
Sore itu, di musim hujan, dengan sepiring singkong goreng dan segelas besar teh
manis, aku duduk berdua dan
memang seperti itu selalunya, hanya kami berdua dengan ibu di teras rumah. Sesekah tempias hujan mengenai mukaku.
(Ayah, Jumo
Lasso)
A. Seorang
ayah harus bertanggung jawab kepada keluarga.
B. Seorang
ibu memang harus bijak untuk menyampaikan sesuatu kepada anaknya.
C. Seorang
anak tidak pernah bertemu dengan ayahnya karena kesibukan masing-masing.
D. Kakek,
nenek, dan kakak jangan memberi keterangan yang membingungkan adiknya.
A. Pertanyaan
anak kepada ibu merupakan pemunculan masalah.
B. Setelah
anak mengetahui keberadaan ayahnya ini cara penyelesaian cerita ini.
C. Jawaban
yang harus diberikan kepada keluarga sebagai konflik dalam cerita ini.
D. Perkenalan
baru dimunculkan pada paragraf kedua, yaitu memperkenalkan tokoh-tokohnya.
Teks I
"Berikan aku sedikit makanan," jawab
belalang.
"Tidakkah kamu telah mengumpulkan dan menyiapkan
makanan untuk musim dingin yang akan datang
ini? Selama ini apa saja yang kamu lakukan sepanjang musim panas?" Jawab semut. Saya tidak mempunyai waktu untuk mengumpulkan makanan," keluh sang Belalang. "Saya sangat
sibuk membuat lagu, dan sebelum saya sadari, musim panas pun telah berlalu."
Pada suatu zaman, ada seekor ayam yang bersahabat dengan seekor monyet. Si Yamyam dan si Monmon namanya. Namun persahabatan itu tidak berlangsung lama, karena kelakuan si Monmon yang suka semena‑mena dengan binatang lain.
|
Teks I |
Teks II |
A. |
jangan melalaikan waktu yang berharga |
tidak boleh bertindak seenaknya |
B. |
siapa yang kuat, dialah mendapat hasil |
kita tidak perlu egois |
C. |
membantu teman dalam kesusahan |
Makluk saling membantu |
D. |
ingatkan teman bila ia lupa |
Teman jangan dianggap enteng |
Cuaca di Jakarta masih dikuasai mendung yang dengan setia mengiringi
hujan ketika matahari melebihi setengah hari. Delta berdiri di depan jendela
kamar yang masih terbuka. Dia menatap langit yang telah menyusur airnya ke
bumi, memberikan wajahnya terkena tempias hujan. Kekuatan ibunya menghadapi
hidup atas nama cinta untuk anak-anaknya meninggalkan begitu saja membuat Delta
meyakim bahwa ibunya sumber
cintanya, teladan bagi hidupnya.
Latar pada
kutipan cerpen tersebut adalah .
- pagi
hari di jendela
- siang
hari di kamar
- sore
hari di jendela
- siang
hari di rumah
(1)Setiap
pagi dari jendela kendaraan Papa, Rani selalu mengucapkan terima kasih dan
berpesan agar Papa tidak mengebut dan tidak lupa makan siang. (2)Papa
yang harus melanjutkan perjalanan ke kantor, selalu tersenyum cerah mendengar
pecan Rani. (3)Ia
merasa sangat bangga pada karakter putrinya. (4)Rani, putri semata
wayang yang sangat membanggakan kedua orang tuanya.
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
Ia tersenyum ramah.
Senyum lugu perempuan tua yang
mungkin dulu pernah jadi wanita muda yang cantik jelita. Bekas-bekas
kecantikannya jelas dapat terlihat pada raut wajahnya. Senyumnya, tatapan matanya, mengesankan bahwa ia
perempuan waras, tidak gila seperti yang kusangka semula. Tapi, siapakah yang
akan menganggapnya wanita waras jika tiap pagi ia datang ke lapangan beraspal
itu dan asyik memberi makan tigaempat puluh ekor kucing, malah ikut makan
bersama mereka? Setahuku belum ada orang yang waras berbuat kebaikan seperti
itu.
- pelukisan
tindakan
- dialog
antartokoh
- diceritakan
langsung oleh pengarang
- diceritakan
tokoh lain
"Bolen", jawab ibu. Akhirnya Syifa berjalan membeli baju. Di tikungan jalan dia bertemu
dengan pengemis. Syifa merasa kasihan dia mengasih semua uangnya kepada
pengemis itu. Syifa tidak jadi membeli baju. "Shifa, mana baju yang kamu
beli?" tanya ibu kepada Syifa. "Tidak jadi, Bu... karena uangnya aku
kasih kepada pengemis yang tidak makan selama 3 hari," jawab Syifa. Syifa ke luar rumah, dan bertemu
dengan temannya Lala dan Lulu. Mereka mengasih baju kepada Syifa. Syifa pun
senang.
- Kita
harus prihatin kepada pengemis dengan memberi uang yang banyak!
- Berilah
baju baru kepada para
pengemis dan teman-teman yang membutuhkan!
- Bantulah
sesama dengan ikhlas pasti Tuhan akan memberikan pahala yang setimpal.
- Sudan
seharusnya kita selalu membagi-bagikan makanan kepada teman-teman.
"Benar, Hanafi, benar kata orang tua-tua, jika kail panjang
sejengkal, jangan lank hendak diduga. Ayahmu orang beradat Hanafi, ibumu orang
beradat sesenang-senang hidupmu jika engkau suka menurut yang sepanjang adat
pula. Menurut adat yang kita pakai, bukankah engkau orang jemputan (orang
berbangsa)?"
Dikutip dari:
Abdoel Moeis, Salah Asuhan,
Jakarta Balai Pustaka, 1987
Waktu Sutan Baringin hendak pergi, ia memasukkan uang kertas ke tempat
Marah Sait. Berapa banyaknya, tiadalah diketahui, hanya Sutan Baringin
terdengar berkata, "Lepas dua tiga hari ini kita pergi ke Padang Lawas
akan menjual kerbau barang lima ekor." "Baiklah,” jawab orang itu dengan girangnya, muka
berseri-seri.
Dikutip dari:
Merari Siregar, Azab dan Sengsara, Jakarta, Balai Pustaka, 2010
|
Kutipan Novel I |
Kutipan Novel II |
A. |
menggunakan latar jelas |
menggunakan latar kurang jelas |
B. |
menggunakan banyak pepatah |
menggunakan bahasa Melayu lama |
C. |
menggunakan bahasa Melayu Lama |
menggunakan banyak pepatah |
D. |
mengandung tema pendidikan |
mengandung tema kebudayaan |
Batik memang sering membuat orang kesengsem. Begitu juga dengan Hon
Stephany Uy Tan, Wali Kota Catbalogan, Filipina yang mengunjungi Kabupaten
Trenggalek. Wali kota perempuan tersebut bahkan [ ....... ] belajar membatik.
Kata yang
tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
- serius
- tekun
- antusias
- emosional
Permainan bebentengon: Bagi pemain dalam dua kelompok, setiap kelompok
bertugas mempertahankan bentengnya dari sentuhan pemain lawan. Pemain yang
keluar dari bentengnya akan ditangkap oleh pemain lawan, jika tertangkap pemain
tersebut ditahan di benteng lawannya.
Cara bermainnya: salah
seorang keluar dari bentengnya untuk penyentuh benteng lawan, [.....], pemain
lain mengejar pemain yang mengejar kawannya, begitu seterusnya sampai benteng
tidak ada penunggu karena pemainnya tertangkap semua.
- Pemain
musuh membiarkannya lawan sampai di bentengnya.
- Pemain
dari benteng lain mengejar untuk menangkapkanya.
- Pemain
musuh mengejar beramai- ramai
dan meninggalkan bentengnya.
- Pemain
yang lain mengikuti dari
belakang dan meninggalkan benteng nya.
31.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)
Padahal bila anemia bisa ditanggulangi, segala gejala,
itu bisa hilang.
(2)
Pasalnya gejala anemia: capek, pusing, dan lesu seringkali dianggap akibat
kelelahan.
(3)
Anemia adalah suatu kondisi di mans kadar
hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari 1215,5 g/dL.
(4)
Pada akhirnya produktivitas meningkat.
(5)
Banyak masyarakat yang tidak menyadari dirinya
kena anemia.
A.
(1), (4), (3), (5), (2)
B.
(2), (1), (4), (3), (5)
C.
(3), (5), (2), (1), (4)
D.
(3), (4), (2), (1), (5)
(1) Nyalakan
lampu ketika hari sudah gelap.
(2) Pasang
lampu 8 – 10 watt di kebun bawang setiap jarak 10 meter.
(3) Bersihkan
pagi harinya dengan menggunakan sarung tangan.
(4) Letakkan
nampan/wadah yang sudah dibasahi insektisida di bawah lampu.
(5) Secara
naluri hama akan berkerumun di tempat terang.
Urutan yang
tepat petunjuk tersebut adalah ...
- (1), (2), (4), (3), (5)
- (2), (4), (1), (5), (3)
- (4), (1), (5), (3), (2)
- (5), (3), (2), (1), (4)
Waktu mendongeng dengan cara
membacakan dongeng bagi anak sangat penting. Pakar parenting menyarankan para
orang tua untuk menjadikan story time sebagai prioritas. [ .... ] Pengaruh itu bukan saja pada pendidikan,
tetapi juga pada perilaku dan kondisi emosionalnya.
A.
Pengaruh dongeng yang didengarkan anak belum
diteliti kebenarannya.
B.
Siapkan waktu beberapa saat untuk mempengaruhi
anak dengan dongeng.
C.
Setiap hari orang tua akan memperdengarkan dongeng
kepada anaknya sebelum tidur.
D.
Luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk
berbagi cerita, ini memberi pengaruh yang berarti.
No |
Data |
Uraian |
1 |
Judul |
Membangkitkan Harga Diri Anak |
2 |
Penulis |
Harris Clemes, Ph.D. |
3 |
Kelemahan |
Uraian berputar- putar, ukuran huruf terlalu
kecil |
4 |
Keunggulan |
Mengemukakan persoalan seputar anak secara mendalam |
Teks yang
tepat sesuai dengan data buku tersebut adalah ...
A. Buku
yang ditulis oleh seorang doktor pendidikan sekaligus pemerhati anak ini, sudah
banyak dibaca orang. Buku yang mengemukakan trik-trik membangkitkan harga diri
anak ditulis dengan menggunakan bahasa yang sederhana. Namun, tetap membahas
persoalan anak secara mendalam.
B. Buku
Membangkitkan Harga Diri Anak wajib dibaca oleh orang tua dan guru. Pada
buku ini dibahas cara-cara membangkitkan harga diri seorang
anak. persoalan anak dikemukakan dengan mendalam dari berbagai sisi.
Seandaianya uraian tidak terlalu menyebar dan tulisan diperbesar buku sangat
menarik.
C. Harris Clemes seorang pemerhati perkembangan anak menulis buku Membangkitkan Harga Diri Anak dengan baik. Uraian cukup mendalam dengan contoh-contoh kasus yang terjadi pada
anak. Ditulis di atas kertas yang berkualitas tinggi membuat buku ini cukup sempuma sebagai sebuah
bacaan keluarga.
D. Setiap
orang tua dan guru jika boleh menyarankan Wajib
membaca buku ini. Buku yang menjelaskan dunia anak ditulis dengan bahasa yang
runtut dan komunikatif. Jenis huruf dan tulisannya pun cukup membantu para
pembacanya. Apalagi uraian di
dalamnya juga disertai dengan studi
kasus yang dialami anak-anak.
Tahun |
Rekening (juta) |
Nilai Tabungan (Rp triliun) |
2012 |
119,9 |
3.277,1 |
2013 |
147,6 |
3.706,6 |
2014 |
160,8 |
4.165,3 |
2015 |
175,5 |
4.473,7 |
2016 |
187,2 |
4.678,3 |
Sumber
Media Indonesia, I November 2016
A.
Perkembangan tabungan sampai bulan Agustus 2016
cukup signifikan. Nilai tabungan tertinggi terjadi pada tahun 2013 dengan
jumlah Rp3.706,6 triliun. Jumlah nilai tabungan terus bertambah setiap bulan
Agustus.
B.
Jumlah penabung setiap tahunnya terus bertambah.
Pada tahun 2012 jumlah penabung tercatat Rpl 19,9 juta rekening. Tabun 2016
bertambah menjadi Rp187,2 juta dengan nilai tabungan sebesar Rp4.678,3 triliun.
C.
Jumlah rekening barn setiap tahunnya terus
bertambah. Sejak tahun 2012 hingga tahun 2016 tercatat Rp187,2 juta rekening.
Pada tahun 2015 nilai tabungan mencapai Rp4.473,7 juta. Ini berbeda dengan tahun
2014.
D.
Antusias masyarakat untuk menabung terus
meningkat. Hal ini terlihat pada data tersebut sejaktahun 2012 sampai dengan
2016 mencapai 187,2 juta rekening. Hal ini berbalik dengan jumlah nilai
tabungannya yang terus menurun.
Di Indonesia, jaket bomber
telah lama menjadi gaya berdandan, terutama bagi warga sipil yang menyukai
dunia militer. |
Kata yang
tidak tepat pada kalimat tersebut
adalah
A.
sipil
B.
gaya
C.
dunia
D.
berdandan
(1) Dengan
berbagai teknologi, keinginan punya hidung mancung bukan lagi mimpi.
(2) Sebaiknya
bila makan daging dibarengi dengan minum
air putih.
(3) Bahan
makanan nabati dengan mengandung zat besi bahkan penyerapannya rendah, yaitu
sayuran hijau.
(4) Ayah
harus mengambil peran dalam pengasuhan anak agar tumbuh kembang anak menjadi
optimal.
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
(1)Candi Kedulan berada di bawah tanah sedalam delapan meter. (2)Kesan pertama ketika
melihat candi ini seperti dibangun di dalam sebuah kolam. (3)Kolam yang dipakai untuk memelihara ikan
bandeng. (4)Candi Kedulan tertimbun pasir lava
Gunung Merapi selama berabad-abad. (5)Candi ini ditemukan oleh penambang
pasir tahun 1993.
A.
(2)
B.
(3)
C.
(4)
D.
(5)
Seorang [.....] tinju sedang kebingungan mencari
lawan tanding untuk petinjunya. |
Istilah yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A.
kurator
B.
promotor
C.
negosiator
D.
provokator
Wangi dupa di depan candi utama
menyebar [.....] senja yang
mulai beranjak gelap. |
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A.
diiringi
B.
seiring
C.
beriringan
D.
mengiringi
Pernikahannya dihadiri [....] bahkan ada yang harus berjalan
miring ketika melewati pintu |
Kata ulang
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A.
orang-orang besar
B.
orang besar-besar
C.
orang besar-besaran
D.
orang besar-orang besar
Keadaan Kota Yogyakarta yang
berada di bawah sana
terlihat sangat indah. |
Perbaikan kata
yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A.
indah diganti takjub
B.
sangat diganti sekali
C.
berada diganti nampok
D.
keadaan diganti pemandangan
Seorang ahli saraf, Andrey Ryabinin, meneliti tentang
tikus yang bisa "ketularan" merasakan sakit. Seseorang meneliti dua kelompok tikus, Kelompok pertama adalah tikus yang dibiarkan berkeliaran di
genangan alkohol. Kelompok kedua adalah tikus yang hanya minum air putih. Tikus tikus ini diuji rasa sakit dengan
cara menyikat tapak kakinya. |
Perbaikan paragraf tersebut adalah...
A.
Kalimat
ketiga dihilangkan
B.
Kata seseorang
diganti dia/Ryabinin
C.
Kata kelompok
pada kalimat keempat diganti tikus
D.
Kata tikus-tikus
pada kalimat terakhir diganti mereka
Perlombaan Film Etnografi ini
bertujuan untuk menyediakan wadah bagi semua jenis film, mulai dari film
dokumenter, film seni, sampai film cerita. |
Alasan
ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ...
A.
Kata menyediakan penggunaannya seharusnya
setelah kata Etnografi.
B.
Kata bagi tidak tepat karena sudah ada
kata untuk pada kalimat tersebut.
C.
Kata wadah hanya digunakan untuk tempat
sesuatu yang berbentuk benda.
D.
Kata perlombaan digunakan untuk pencarian juara dalam bidang
olahraga atau permainan.
Sejak masih kecil sudah
diperkenalkan dengan kucing oleh keluarganya. |
Alasan
ketidakefektifan kalimat tersebut adalah ...
A.
Susunannya tidak teratur.
B.
Pelaku/subjek kalimat tersebut tidak jelas.
C.
Perbuatan/predikatnya tidak diikuti objek.
D.
Keterangan waktu diletakkan pada awal kalimat.
(1)Kurangnya asupan zat besi disebabkan kurangnya makanan yang
mengandung zat besi. (2)HaI
ini karena kurangnya konsumsi makanan
kaya sumber zat besi. (3)Umumnya orang lebih suka makanan slap saji. (4)Sumber makanan yang kaya
sumber zat besi berasal dari
hewani. (5)Contoh
sumber makanan hewani yang kaya zat besi di antaranya hati, daging sapi,
daging kambing, unggas, dan ikan. |
Alasan
ketidakpaduan paragraf tersebut adalah ...
A.
Contoh pada kalimat (5) tidak sesuai.
B.
Kalimat (2) kata rujukannya tidakjelas.
C.
Isi kalimat (3) menyimpang dari pembicaraan.
D.
Pokok yang dibicarakan pada kalimat (1) tidak
fokus.
Beri saya kesempatan sekali lagi Pak kata
Refi suaranya lirih nyaris tak terdengar. |
Penggunaan
tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A.
“Beri saya kesempatan sekali lagi,” Pak kata Refi, suaranya lirih
nyaris tak terdengar.
B.
“Beri saya kesempatan sekali lagi, Pak?” kata Refi suaranya lirih nyaris
tak terdengar.
C.
“Beri, saya kesempatan sekali lagi, Pak!” kata Refi suaranya lirih, nyaris
tak terdengar.
D.
“Beri saya kesempatan sekali lagi Pak," kata Refi suaranya
lirih, nyaris tak terdengar.
Populasi harimau sumatera
terancam punah karena pemburuan liar. |
Perbaikan
ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A.
Populasi harimau sumatera terancam punah karena
perburuan liar.
B.
Populasi harimau Sumatera terancam punah karena
pemburuan liar.
C.
Populasi Harimau Sumatera terancam punah karena
pemburuan liar.
D.
Populasi harimau Sumatra terancam funah karena
perburuan liar.
- Ekstrim
- Desthinasi
- Ekshotik
- Selfie
Mengunjungi 1......... wisata adalah salah satu hal yang paling diminati masayrakat untuk melepaskan penat setelah sibuk melakukan 2,,,,,, di berbagai bidang. Berbagai macam kesenagan bisa mereka nikmati di tempat yang mereka kunjungi, namun hal yang selalu mereka lakukan adalah melakukan 3..... di tempat yang mereka anggap 4..........
Satu hal yang harus
diperhatikan adalah cuaca 5..... yang dapat menganggu tujuan kita berwisata.
Judul buku |
Sukses di Usia Muda |
Pengarang / penerbit |
Dian Handika, Jakarta, 2017, Semesta Indah |
Isi buku |
-
Eksistensi remaja -
kiat sukes -
kendala yang dihadapi -
solusi |
Kelebihan |
-
bahasa ringan , komonikatif -
gambar menarik |
Kekurangan |
-
kertas kurang berkualitas -
cover buku buram |
Dulu ketika masih
kecil, waktu aku masih duduk di bangku kelas tiga sekolah dasar. Aku rajin
mengaji di sebuah surau tidak jauh dari rumahku. Hingga menjelang khtam quran.
Ibu dan bapakku tiba-tiba tidak lagi menyuruh aku mengaji. Aku sedih karena
kesenanganku pergi mengaji adalah senang mendengar cerita guruku tentang kisah
teladan hamba-hamba yang saleh. Suatu saat nanti aku berpikir menjdi tokoh
dalam cerita guruku. Aku juga sangat menyayangi guru ngaji yang selalu tulus
dalam mengerjakan apa pun.
5.Tulislah teks tantangan berdasarkan ilustrasi diatas.
Tidak ada komentar