SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER 2 KELAS 8 SMP BAHASA INDONESIA
I. Pilihlah huruf A, B, C atau D sebagai jawaban yang tepat!
Teks ulasan berikut untuk soal nomor 1-3!
“Asal Kau Bahagia” merupakan film drama romantis
Indonesia yang disutradarai oleh Rako Prijanto. Skenario film ini ditulis Aline
Djayasukmana dan Upi. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari judul lagu
Armada dengan judul yang sama. Film ini dibintangi oleh Aliando Syarief dan
Aurora Ribero. Film ini rilis di bioskop pada 27 Desember 2018.
Film romantis
ini mengisahkan kisah asmara sepasang insan. Suatu hari cinta mereka diuji
dengan sebuah musibah kecelakaan yang menimpa Ali. Kecelakaan tersebut membuat
Ali harus terbaring lemah, antara hidup dan mati. Ali berjuang dalam sakitnya
karena alasan satu-satunya Ali bertahan hanyalah sang kekasih. Ia tidak ingin
sang kekasih terus-menerus larut dalam kesedihan.
a.
identitas c. analisis
b.
sinopsis d. evaluasi
2. Paragraf kedua teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian …
a.
orientasi c. evaluasi
b.
sinopsis d.
rekomendasi
a.
“Asal
Kau Bahagia” merupakan film drama romantis Indonesia yang disutradarai oleh
Rako Prijanto.
b.
Film ini
merupakan film yang diadaptasi dari judul lagu Armada dengan judul yang sama.
c.
Kecelakaan
tersebut membuat Ali harus terbaring lemah, antara hidup dan mati.
d.
Ali
berjuang dalam sakitnya karena alasan satu-satunya Ali bertahan hanyalah sang
kekasih.
Buku Bagaimana Mencari Kawan dan Memengaruhi Orang Lain ditulis oleh
Dale Carnegie. Buku ini diterbitkan oleh Birarupa Aksara dan diterbitkan pada
tahun 2014. Buku ini menjelaskan fakta
sejarah bahwa orang-orang besar sebenarnya tidak memiliki apa pun kecuali
sebuah kemampuan dalam mengambil hati orang lain.
Buku Mencari Kawan dan Memengaruhi Orang Lain menggunakan bahasa yang
lugas dan tepat sehingga pembaca ingin segera mempraktikan sesuatu yang ditulis
dalam buku ini. Poin-poin yang disajikan dalam buku ini cukup jelas dan
tersusun secara sistematis dari yang paling mudah hingga paling sulit. Namun,
buku ini masih menggunakan istilah-istilah asing sehingga pembaca kesulitan
memahami maksudnya.
4.
Kaidah
kebahasaan pada kalimat teks ulasan bercetak miring tersebut menggunakan …
a.
konjungsi
penerang, bahwa
b.
konjungsi
penerang, yaitu
c.
konjungsi
temporal, sejak
d.
konjungsi
temporal, akhirnya
5.
Pernyataan
yang sesuai dengan teks ulasan tersebut adalah …
a.
Buku Bagaimana Mencari Kawan dan memengaruhi
Orang Lain sudah diterbitkan beberapa kali dan sudah mengalami perbaikan.
b.
Layout buku ini sedikit
membingungkan karena selain tulisan utama, ada juga tulisan box yang menyela
alur tulisan utama.
c.
Poin-poin
yang disajikan dalam buku ini cukup jelas dan tersusun secara sistematis dari
yang paling mudah hingga paling sulit.
d.
Buku ini
menyajikan data ilmiah yang membuat pembaca berpikir bahwa perubahan harus
dimulai dari diri sendiri.
6.
Kekurangan
karya yang diulas dalam teks ulasan tersebut adalah …
a.
Buku ini
menyajikan teori-teori aplikatif yang sangat bagus untuk pembaca prkatikkan
dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Bahasa
dalam buku ini terlalu kaku sehingga pembaca merasa cepat jenuh ketika membaca
isinya.
c.
Buku ini
menggunakan istilah-istilah asing sehingga pembaca kesulitan memahami
maksudnya.
d.
Poin-poin
yang disajikan dalam buku ini tidak tersusun secara sistematis sehingga tidak
mudah dipahami.
7.
Paragraf
kedua teks ulasan tersebut merupakan strusktur teks bagian …
a.
orientasi
c. analisis
b.
evaluasi
d. rekomendasi
Teks ulasan berikut untuk
soal nomor 8-11!
Judul
buku :
Kumpulan Dongeng Si Kancil
Penulis : M.B Rahimsyah A.R
Penerbit : Lingkar Media
Tahun
terbit : 2013
Tebal
buku : 122 Halaman
Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil menceritakan kisah kancil yang cerdik.
Kancil selalu menggunakan akalnya untuk mengelabui binatang lain yang hendak
memangsanya, meloloskan diri dari kejahatan binatang lain, dan menyelesaikan
masalah. Selain itu, kancil memanfaatkan kecerdikannya untuk menolong binatang
lain yang sedang dalam masalah.
Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil disajikan dengan bahasa sederhana dan
mudah dipahami. Dengan demikian, pembaca mudah memahami maksud ceritanya. Selain
itu, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik sehingga membuat
pembaca tidak mudah bosan. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan simpulan
pesan cerita di akhir cerita. Jadi, pembaca harus menyimpulkan sendiri pesan
yang terkandung dalam cerita.
Buku Kumpulan Dongeng Si kancil sangat cocok dibaca anak terutama
anak-anak tingkat SD dan SMP. Selain itu, buku ini cocok dibaca oleh orang tua
kepada anaknya yang masih sekolah TK. Cerita-cerita yang terdapat dalam buku
ini dapat meningkatkan daya fikir dan daya imajinasi anak.
8. Ide pokok paragraf kedua dari teks ulasan tersebut adalah …
a.
Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil tidak
dilengkapi simpulan pesan.
b.
Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil dilengkapi
ilustrasi menarik.
c.
Kelebihan
dan kekurangan buku Kumpulan Dongeng Si
Kancil.
d.
Pembaca mudah memahami
isi buku Kumpulan Dongeng Si kancil.
a.
orientasi c. evaluasi
b.
analisis
d. rekomendasi
a.
identitas
karya dan orientasi
b.
orientasi
dan analisis
c.
analisis
dan evaluasi
d.
evaluasi
dan rekomendasi
11. Pernyataan yang sesuai dengan teks ulasan tersebut adalah …
a.
Cerita
dalam buku Kumpulan Dongeng Si Kancil
dapat meningkatkan daya pikir anak.
b.
Kancil
memanfaatkan kecerdikannya untuk mengganggu binatang lain.
c.
Ilustrasi
yang disajikan dalam buku Kumpulan
Dongengs Si Kancil tidak menarik.
d.
Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil dilengkapi
dengan simpulan pesan.
Teks ulasan berikut untuk
soal nomor 12 sampai 15!
Buku Petunjuk Pembenihan Ikan Gurami memberikan informasi lengkap
mengenai panduan budi daya ikan gurami. Informasi yang disajikan dalam buku ini
mulai dari pembuatan kolam, pemijahan, pemeliharaan larva atau benih,
pendederan, pembesaran, system pengangkutan nenih gurami, panen, dan
pascapanen. Selain itu, buku ini memberikan informasi kepada pembaca yang ingin
menjadikan ika gurami sebagai ladang usaha. Informasi tersebut mulai dari modal
yang harus dikeluarkan, biaya operasional, hingga pendapatan yang diperoleh per
periode. Semua keuntungan dijelaskan secara terperinci sehingga pembaca dapat
memperoleh gambaran hitungannya.
1)
Buku ini
dikemas dengan informasi yang dilengkapi gambar-gambar. 2) Oleh karena itu,
pembaca tidak mudah bosan ketika membacanya. 3) selain itu, pembaca dapat
mencari sarana dan prasarana yang digunakan dalam pemeliharaan ikan gurami
seperti pada gambar yang disajikan. 4) Namun, bagi pembaca awam buku ini
sedikit sulit dipahami karena terdapat banyak istilah asing.
12.
Paragraf
kedua teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian …
a.
orientasi c. evaluasi
b.
analisis
d. rekomendasi
a.
Informasi pembuatan kolam ikan gurami pada buku Petunjuk Pembenihan Ikan Gurami.
b.
Informasi-informasi
yang disajikandalam buku Petunjuk
Pembenihan Ikan Gurami.
c.
Informasi
pemijahan ikan gurami pada buku Petunjuk
Pembenihan Ikan Gurami.
d.
Informasi masa panen ikan gurami pada buku Petunjuk Pembenikan Ikan Gurami
14. Kekurangan teks ulasan tersebut adalah …
a.
Struktur
teks ulasan tersebut tidak lengkap.
b.
Bahasa
dalam teks ulasan tersebut susah dipahami.
c.
Penggambaran
identitas buku tidak urut.
d.
Isi yang
dibahas dalam teks ulasan tidak jelas.
15. Berdasarkan teks ulasan tesebut, kalimat yang mengandung kaidah kebahasaan teks ulasan terdapat pada kalimat angka ..
a.
1) c. 3)
b.
2) d. 4)
Paragraf berikut untuk soal
nomor 16 dan 17!
Ayo biasakan diri untuk bersarapan.
(…) kamu tidak sempat melakukannya, kamu dapat membawa sarapanmu dan dimakan
saat perjalanan menuju kantor, sekolah, atau kampus.
a.
bahwa c. maka
b.
jika d.
sehingga
17. Tujuan teks persuasi tersebut adalah …
a.
Mengajak
pembaca untuk sarapan.
b.
Mengajak
pembaca untuk membawa sarapan.
c.
Mengajak
pembaca untuk sarapan di kantor.
d.
Mengajak
pembaca untuk sarapan di jalan.
Teks persuasi berikut untuk
soal nomor 18-21!
1)
Limbah
rumah tangga merupakan salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Banyak orang
yang belum sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan sehingga dengan
seenaknya membuang sampah limbah rumah tangga di sembarang tempat. Jumlah
limbah rumah tangga yang selalu bertambah dari hari ke haroi membuat kondisi
menjadi semakin buruk jika tidak ada penanganan yang tepat.
2)
Contoh
macam-macam limbah rumah tangga yang mengganggu adalah sisa air sabun, sampo,
detergen, sisa-sisa makanan atau sisa-sisa sayuran. Selain itu, ada limbah
rumah tangga berupa barang-barang bekas, seperti perkakas rumah atau alat-alat
elektronik yang sudah rusak atau sudah tidak terpakai. Limbah-limbah tersebut
dapat mencemari lingkungan jika dibuang di sembarang tempat.
3)
Ada
beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Untuk
menghindari bahaya limbah rumah tangga yang berasal dari sissa sabun mandi,
detergen, sampo, sabun cuci piring, dan lain-lain dapat dilakukan dengan cara
memakai produk yang lebih ramah lingkungan. Limbah yang dapat didaur ulang
dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, misalnya sisa sayuran,
dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos.
4)
Beberapa
dampak dari limbah dan upaya-upaya untuk menanggulanginya telah disampaikan.
Upaya-upaya tersebut memang bukan cara-cara ajaib yang begitu saja dapat
menyelamatkan lingkungan. Namun, setidaknya cara-cara terebut dapat
meminimalisasi dampak buruk dari limbah rumah tangga di lingkungan kita. Demi
kesehatan lingkungan dan kesehatan diri sendiri, mari kita mulai memperhatikan
lingkungan dengan memperhatikan sisa limbah rumah tangga yang kita hasilkan
sendiri.
18.
Pengenalan
isu pada teks persuasi tersebut ditunjukkan pada paragraf …
a.
1)
c. 3)
b.
2)
d. 4)
19.
Paragraf
kedua teks persuasi tersebut merupakan bagian …
a.
ajakan
b.
pengenalan
isu
c.
rangkaian
argumen
d.
penegasan
kembali
20.
Tujuan
teks persuasi tersebut adalah mengajak pembaca untuk …
a.
Memperhatikan
lingkungan sekitar
b.
Memperhatikan
sisa limbah rumah tangga
c.
Memperhatikan
sisa limbah pabrik
d.
Memperhatikan
kebersihan lingkungan
21.
Limbah
yang dapat didaur ulang dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat,
contohnya adalah …
a.
sisa
sampo
c. pupuk kompos
b.
sisa
sayuran d. sisa detergen
Paragraf berikut untuk soal
nomor 22-24!
Saat ini masih banyak guru dan orang
tua murid yang tidak sabar dalam mendidik anak. Kesabaran sangatlah diperlukan.
Seperti yang telah diutarakan oleh salah satu filsuf legendaris Yunani yaitu
Plato, bahwa pendidikan merupakan proses yang panjang dan dijalani seumur hidup,
yaitu mulai manusia itu masih kecil hingga manusia beranjak dewasa. Oleh sebab
itu, sudah sepatutnya sebagai guru dan orang tua murid mendidik anak dengan
sabar dan berorientasi pada proses supaya nantinya anak dapat berkembang dengan
baik dan w jar. Dengan demikian, potensi yang dimiliki anak pun dapat tumbuh
berkembang dengan baik dan alami.
a.
Yuk,
kita bersabar dalam mendidik anak!
b.
Mari,
kita berproses bersama anak!
c.
Mari,
kita bersabar dalam mendidik anak!
d.
Yuk,
kita berproses bersama anak!
a.
arah c. jurusan
b.
kiblat d. pandangan
24. Tujuan teks persuasi tersebut adalah mengajak pembaca untuk …
a.
Mendidik
anak dengan sabar
b.
Mendidik
anak dengan tekun
c.
Mendidik
anak dengan tabah
d.
Mendidik
anak dengan baik
Kemiskinan dapat muncul karena
kurangnya lapangan pekerjaan di suatu Negara. Negara yang tidak dapat
menciptakan lapangan pekerjaan akan terjerat dalam masaah kemiskinan. Lalu, apa
yang dapat kita lakukan untuk mengurangi tingkat kemiskinan ini? Mungkin hanya
sedikit yang dapat dilakukan. Sebagai contoh, kita dapat mengembangkan ekonomi
kreatif. Kita dapat membuka usaha dari sesuatu yang sedang diminati. Selain
itu, pemerintah khususnya, harus bisa menciptakan pekerjaan baru yang dapat
menampung jumlah tenaga kerja di Indonesia yang sangat banyak. Marilah, kita
bersama-sama ikut membantu pemerintah untuk menuntaskan masalah kemiskinan ini.
Kita berpotensi untuk membuka suatu usaha yang kiranya masih belum banyak
dilakukan. Tindakan yang dapat kita lakukan, seperti menjual barang lewat online dan menumbuhkan industri rumahan.
Tanpa keikutsertaan kita untuk memajukan perekonomian, Negara ini tidak akan
bisa lepas dari kemiskinan. Ayo, bersama-sama menjadi pengusaha untuk membantu
Negara dalam mengentaskan rakyat dari kemiskinan di Negara ini.
25.
Teks
persuasi tersebut berisi…
a.
Dukungan
pemerintah terhadap pengusaha muda.
b.
Dorongan
masyarakat agar terlepas dari masalah ekonomi.
c.
Bujukan
kepada pemerintah untuk mengurangi kemiskinan.
d.
Ajakan
kepada masyarakat untuk membantu pemerintah menuntaskan masalah kemiskinan.
26.
Informasi
yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah …
a.
Kita
harus membuka suatu usaha dengan mengajukan pinjaman modal kepada pemerintah.
b.
Negara
yang dapat menciptakan lapangan kerja akan terhindar dari masalah kemiskinan.
c.
Kita
harus ikut serta memajukan perekonomian untuk membantu Negara ini terlepas dari
kemiskinan.
d.
Masalah
kemiskinan timbul akibat ketidakseimbangan jumlah tenaga kerja dengan lapangan
kerja yang tersedia.
27.
Simpulan kutipan teks tersebut
adalah ...
a.
Pemerintah
dan masyarakat saling bekerjasama untuk menuntaskan kemiskinan dengan
menciptakan usaha baru sebagai pengusaha.
b.
Kemiskinan
dapat dituntaskan dengan membuka lapangan kerja baru yang sesuai dengan
kebutuhan masyarakat.
c.
Masyarakat
menginginkan kehidupan dengan perekonomian yang lebih baik dan terhindar dari
kemiskinan.
d.
Pemerintah
harus bersungguh-sungguh dalam usaha menuntaskan kemiskinan di Negara
Indonesia.
28. 1) Kepala BNN Kota Bandung, Yeni Siti Saodah, menyatakan keprihatinan kepada milenial yang saat ini menjadi sasaran peredaran dan penyalahgunaan narkotika. 2) BNN Kota Bandung memasifkan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan da Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan program khusus yang dinamakan Sekolah Bersinar. 3) Dalam Sekolah Bersinar ini ada peran aktif dari sekolah untuk membantu dan mengajak atau mengampanyekan bahaya narkoba dari penyuluhan, sosialisasi, dan edukasi yang menyasar kepada para pelajar. 4) Pada tahun 2018 program ini telah melayani rehabilitasi narkoba sekitar 1.768 orang.
Fakta
dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat angka ....
a.
1) c. 3)
b.
2) d. 4)
Paragraf berikut untuk soal
nomor 29 dan 30!
Gotong royong merupakan salah satu
karakter yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Sifat
tolong-menolong anta sesame hamper terjadi disetiap daerah. Meskipun berbagai
macam suku tersebar dari Aceh hingga Papua, umumnya tiap-tiap suku mempunyai
sifat saling membantu. Gotong royong pada praktiknya meningkatkan kepedulian
antarwarga. Tidak heran jika budaya ini diharapkan terus lestari, demi
terciptanya tatanan kehidupan yang lebih baik. Seiring dengan perkembangan zaman,
budaya gotong royong ini mulai terkikis oleh medernitas. Apalagi di kota besar,
budaya ini nyaris sulit kita temukan. Bisa jadi di desa-desa masih bisa kita
temukan budaya ini. (…), gotong royong harus tetap dan agar sikap
individualistik tidak terus tumbuh dan kepedulian antarwarga terus meningkat.
29. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tesebut adalah …
a.
oleh
karena itu c. akan tetapi
b.
sementara
itu d. namun
a.
Ayo,
kita bangkitkan semangat kerukunan antarmasyarakat demi persatuan.
b.
Ayo,
kita tumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan antarsuku bangsa di Indonesia.
c.
Mari,
kita dorong kembali budaya gotong royong agar mengakar kuat dalam jiwa generasi
muda.
d.
Mari,
kita tanamkan rasa kerukunan dan jiwa nasionalisme agar mengakar kuat di dalam
diri generasi muda.
Rumput laut (seaweeds)
merupakan salah satu daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut.
Rumput laut termasuk anggota dari kelompok vegetasi yang dikenal sebagai alga
atau ganggang. Sumber daya hayati ini biasanya dapat ditemui di perairan yang
berasosiasi dengan okosistem terumbu karang. Rumput laut dapat hidup di atas
substrat pasir dan karang mati.
31. Ide pokok kutipan buku tersebut adalah …
a.
Rumput
laut dikenal sebagai alga atau ganggang.
b.
Rumput
laut sebagai sumber daya hayati di pesisir dan laut.
c.
Rumput
laut hidup di atas substrat pasir dan karang mati.
d.
Sumber
daya hayati di perairan yang berekosisitem terumbu karang.
Kutipan berikut untuk soal
nomor 32 dan 33!
Asyura tak pernah membiarkan Mak Saniah pulang dengan tangan hampa.
Begitu mendengar suara Mak Saniah, dia segera mengambil piring dan menjumpai
Mak Saniah di luar. Selembar uang lima ribu tupiah biasa diberikan Asyura
kepada Mak Saniah dan mengambil kue gemblong empat hingga lima buah. Mak Saniah
tak pernah menjual kue-kue hingga lebih dari lima ratus rupiah per buah. Dengan
uang lima ribu rupiah seharusnya Asyura bisa mengambil sepulub buah kue. Namun,
hal itu tak pernah dilakukan Asyura. Dia selaluy mengambil kue-kue secukupnya
dan membiarkan uang kembaliannya untuk Mak Saniah. Sesekali Asyura juga
memberikan Mak Saniah lembaran sepuluh ribuan tapi mengambil jumlah kue yang
sama serta tak mengambil uang kembaliannya.
32. Nilai dalam kutipan buku
fiksi tersebut adalah ...
a.
sosial c. religi
b.
ekonomi d. budaya
33. Tokoh Asyura dalam kutipan
buku fiksi tersebut memiliki watak …
a.
rendah
hati
b.
suka
bergaul
c.
suka
berbagi
d.
gemar
menabung
kutipan buku berikut untuk
soal nomor 34 dan 36!
Aku bisa menangkap kebenaran dalam
kata-kata kedua orang tuaku. Ah, aku bahkan bisa menangkap ketulusan hati dan
kesungguhan ayah dan ibu. Tetapi justru inilah yang membuatku sukar berbicara.
Keheningan berlangsung hingga beberapa lama. Malam seakan membuka pintu bagi
pertentangan batin, pertentangan antara kebenaran kata-kata otang tuaku dan
kepentinganku untuk selalu bersama suami di mana pun ia berada.
“Ah, Yuning, “kata ibu tiba-tiba
yang membuatku tersentak. “Ibu tak percaya kau tak menyukai rumah baru itu. Ibu
juga tak percaya kau tak suka tinggal dekat bersama kami. Lalu mengapa kau
tidak segera menuruti permintaan kami? Mengapa?”
O, andaikan ibu tahu kata-katanya
membuatku makin terimpit. Dadku menyesak oleh kebimbangan yang mengembang. Air
mataku meluncur satu-satu meskipun aku telah berusaha keras menahannya.
a.
Keinginan
orang tua harus dipenuhi.
b.
Seorang
anak harus bisa hidup mandiri.
c.
Orang
tua tidak ingin mencampuri urusan anak.
d.
Orang
tua ingin selalu dekat dengan anaknya.
35. Konflik dalam kutipan buku tersebut adalah ...
a.
Tokoh
Aku merasa bahwa orang tuanya sangat tulus hati meminta anaknya tinggal dekat
bersama.
b.
Tokoh
Aku tidak ingin mengecewakan orang tuanya sehingga ia bersedia tinggal dekat
bersama orang tuanya.
c.
Tokoh
Aku menolak permintaan orang tuanya untuk tinggal dekat bersamanya meskipun
kata-kata orang tuanya benar.
d.
Tokoh
Aku merasa bimbang antara menuruti keinginan orang tua dan kepentingan pribadi
untuk mengikuti suami.
36.
Nilai
kehidupan yang terdapat dalam kutipan buku tersebut adalah …
a.
budaya c. sosial
b.
ekonomi d. politik
Kutipan buku berikut untuk
soal nomor 37-39!
Maria tiada berkedip memandangi
diriku yang terbujur tiada berdaya seperti bayi. Matanya berkaca-kaca,
hudungnya memerah dan pipinya basah.
“Kenapa kau kemari, Maria?”
“Aku ingin tahu keadaanmu. Aku
mencemaskanmu.”
“Kau menangis Maria?”
“Kau membuatku menangis Fahri. Kau
mengigau terus dengan bibir bergetar membaca ayat-ayat suci. Wajahmu pucat. Air
matamu meleleh tiada henti. Melihat keadaanmu itu apa aku tidak menangis,”
serak Maria sambil tangan kanannya bergerak hendak menyentuh pipiku yang kurasa
basah.
37.
Latar
suasana pada kutipan buku fiksi teersebut adalah …
a.
takut c. resah
b.
sedih d. bingung
38.
Tema
kutipan buku fiksi tersebut adalah …
a.
penderitaan
seseorang yang sedang sakit parah.
b.
Kesetiaan
seseorang terhadap teman yang sakit.
c.
Keresahan
seseorang karena tidak kunjung sembuh dari sakit.
d.
Kepedulian
seseorang terhadap teman yang menderita sakit.
a.
Isi
kutipan buku tersebut sangat menarik dikalangan remaja agar selalu tekun berdoa
meskipun dalam keadaan sakit.
b.
Isi
kutipan buku tersebut sangat menarik pembaca karena mengajarkan arti kesetiaan
terhadap orang yang dicintai.
c.
Isi
kutipan buku dapat dijadikan teladan bagi pembaca karena memberikan contoh
sikap peduli kepada sesame.
d.
Isi
kutipan buku tersebut penting bagi pembaca agar selalu menjaga kesehatan
sehingga tidak sampai sakit parah.
Bacalah kutipan resensi
berikut!
Novel ini berkisah tentang seorang anak perempuan bernama Gadis Ayu
Pintoko. Panggilan sehari-harinya ialah Gadis. Pada saat Gadis berumur 8 tahun,
dia diajak oleh orang tuanya berlibur ke Bukittinggi, yaitu tempat kelahiran
ayahnya. Di sana dia dikenalkan kepada saudara-saudara ayahnya. Setelah cukup
lama berlibur, akhirnya gadis dan keluarganya pulang ke Jakartanovel ini
disajikan dengan bahasa yang menarik dan mudah dipahami. Selain itu, novel ini
dilengkapi dengan puisi-puisi yang menyentuh hati. Namun sayang. Dalam novel
ini tidak terdapat gambar yang menarik.
40.
Kelemahan
kutipan resensi tersebut adalah …
a.
Cerita
dalam novel ini menyentuh hati.
b.
Banyak
puisi dihadirkan dalam buku ini.
c.
Bahasa
dalam novel ini mudah dipahami.
d.
Tidak
terdapat gambar yang menarik dalam novel ini.
Bacalah teks ulasan berikut
ini!
Judul : Ayah
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun Terbit : Mei 2016
Jumlah Halaman : 432 Halaman
Novel Ayah menceritakan betapa besarnya kasih sayang
seorang ayah kepada anaknya, yang bahkan bukan anak kandungnya sekali pun. Bisa
kita lihat sosok Sabari bahkan hilang warasnya karena berpisah dengan Zorro.
Novel
ini ditulis dengan gaya bahasa yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan
gaya bahasa Andrea Hirata pada novel-novel lainnya. Jika kamu penikmat tulisan
Andrea Hirata, novel Ayah ini bukanlah sesuatu yang mengecewakan. Justru novel
ini akan membuat kamu semakin cinta dengan karya-karya Andrea Hirata. Novel ini
begitu mendidik sekaligus menghibur. Mendidik kita supaya menjadi manusia yang
tahu adat, tahu bagaimana harus menjalani hidup, tahu bagaimana harus
memosisikan orang-orang yang ada di sekitar kita, khususnya mereka yang
mencintai kita.
Kekurangan
novel Ayah berada di gaya bahasa tokoh, yaitu Ukun dan Tamat. Gaya bahasa
mereka terasa berlebihan ketika bertemu dengan orang asing. Bagi yang jarang
membaca, alur yang digunakan dapat membuat kebingungan karena alurnya tidak
runtut. Sebenarnya ini bukanlah suatu kekurangan, tetapi hanya pemberitahuan
jika kamu hendak membeli buku ini.
1. Tuliskan identitas dalam teks ulasan tersebut!
2. Jelaskan kekurangan novel
tersebut!
3. Jelaskan kelebihan novel
tersebut!
Bacalah kutipan teks berikut!
Penanaman hutan kembali atau biasa
disebut reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang sudah gundul. Reboisasi
bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan menyerap pilusi dan
debu di udara. Selain itu, reboisasi dapat membangun kembali habitat dan
ekosistem alam. Dengan terbangunnya habitat tersebut, pemanasan global yang mulai
terjadi di dunia dapat tertanggulangi. Reboisasi juga dapat dimanfaatkan
kayunya dalam kurun waktu mendatang. Oleh karena itu, hendaknya kita data
melakukan penanaman hutan kembali atau yang biasa disebut reboisasi. Marilah,
bersama-sama menanam demi kelangsungan hidup generasi setelah kita!
4. Tentukan kata ganti, kata penghubung, dan kata teknis dalam kutipan teks tersebut!
Bacalah teks berikut!
Mari
Mencintai Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia merupakan bahasa
nasional. Bahasa ini wajib dikuasai seluruh masyarakat Indonesia tanpa
terkecuali. Tidak hanya dikuasai, tetapi bahasa Indonesia juga harus
dipraktikan dengan baik dan benar, salah satunya digunakan dalam berkomunikasi
sehari-hari. Hal tersebut penting karena bangsa ini terdiri atas bermacam-macam
suku, adat, dan bahasa sehingga bahasa Indonesia berfungsi sebaai alat
pemersatu bangsa.
Bahasa Indonesia memiliki suatu
peranan penting dalam kehidupan rakyat Indonesia karena bahasa Indonesia adalah
bahasa nasional. Bahasa Indonesia digunakan dalam berkomunikasi dengan
masyarakat lain daerah di Indonesia. Namun, bahasa di setiap daerah tetap wajib
dilestarikan keberadaannya.
Bahasa yang wajib digunakan
masyarakat di perkotaan besar adalah bahasa Indonesia. Lalu, bagaimana dengan
masyarakat di pedesaan? Terkadang mereka masih menggunakan bahasa daerah untuk
berkomunikasi. Sebagian dari mereka masih belum bisa berkomunikasi menggunakan
bahasa Indonesia. Bahasa daerah sangat perlu dilestarikan. Namun, penggunakan
bahasa Indonesia tentunya penting diterapkan sebagai suatu kesadaran untuk
berinteraksi dengan dunia luar.
___Selamat
Bekerja___
Tidak ada komentar