Contoh RPP Akidah Akhlak SMP / MTsM Sederajat TA 2022/2023
Penulis Efrina, s.pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / I
TP : 2022/2023
KD
Pengetahuan : Memahami pengetahan
(faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan dan
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 1 dan 2
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Memahami
pengertian beriman kepada hari akhir, dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa
yang berhubungan dengan hari Akhir tersebut
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio, pemberitahuan
contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif , dsb yang berhubugan dengan menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir , menjelaskan
dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan masalah terkait menjelaskan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi terkait beriman kepada hari akhir , menjelaskan
dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang beriman kepada hari akhir , menjelaskan dalil/buktinya serta tanda
dan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir |
Kreatif |
Peserta
didik menganaisis dan menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang
terkait pembelajaran yang telah dilakukan beriman kepada hari akhir , menjelaskan dalil/buktinya serta tanda
dan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
membuat kesimpulan ·
Guru melakukan refleksi hasil belajar
yang telah dilaksanakan ·
Guru memberikan apresiasi kepada
peserta didik yang telah bekerja sama dengan baik dalam kelompok ·
Guru memberikan evaluasi untuk
mengukur ketuntasan PBM ·
Guru menginformasikan kegiatan yang
akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya |
C.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Pengetahuan Teknik Penilaian: TesUraian
2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / I
TP : 2022/2023
KD
Pengetahuan : Memahami pengetahan
(faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan dan
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 3 dan 4
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Memahami
macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul
ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan . menjelaskan
tentang macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam
barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’) |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan masalah macam-macam alam gaib yang berhubungan
dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul
mizan,yaumul jaza’) |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi terkait beriman kepada hari akhir , menjelaskan macam-macam
alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as,
yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’) |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang beriman kepada hari akhir , menjelaskan dalil/buktinya serta tanda
dan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir |
Kreatif |
Peserta
didik menganaisis dan menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang
terkait pembelajaran yang telah dilakukan beriman kepada hari akhir menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap hari akhir |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
membuat kesimpulan ·
Guru melakukan refleksi hasil belajar
yang telah dilaksanakan ·
Guru memberikan apresiasi kepada
peserta didik yang telah bekerja sama dengan baik dalam kelompok ·
Guru memberikan evaluasi untuk
mengukur ketuntasan PBM ·
Guru menginformasikan kegiatan yang
akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya |
C.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Pengetahuan Teknik Penilaian:
TesUraian
2. PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / I
TP : 2022/2023
KD
Pengetahuan : Memahami pengetahan
(faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan dan
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 5 dan 6
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Memahami
pengertian, contoh, dan dampak berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan . menjelaskan
tentang . menjelaskan
tentang pengertian, contoh, dan dampak
berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan masalah dampak
berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi terkait beriman kepada hari akhir , menjelaskan macam-macam
alam gaib yang berhubungan dengan dampak
berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif dalam fenomena kehidupan |
Kreatif |
Pesert
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
membuat kesimpulan ·
Guru melakukan refleksi hasil belajar
yang telah dilaksanakan ·
Guru memberikan apresiasi kepada
peserta didik yang telah bekerja sama dengan baik dalam kelompok ·
Guru memberikan evaluasi untuk
mengukur ketuntasan PBM ·
Guru menginformasikan kegiatan yang
akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya |
C.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Pengetahuan Teknik Penilaian:
TesUraian
2. PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / I
TP : 2022/2023
KD
Pengetahuan : Memahami pengetahan
(faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan dan
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 7 dan 8
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Menyajikan contoh perilaku berilmu, kerja
keras, kreatif, dan produktif dan kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang
dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan . menjelaskan
tentang . Menceritakan tentang pengertian, contoh, dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
dalam fenomena kehidupan |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan masalah menceritakan
kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi terkait membiasakan
perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan
sehari-hari |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang mempraktekkan perilaku
berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari |
Kreatif |
Pesert
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
membuat kesimpulan ·
Guru melakukan refleksi hasil belajar
yang telah dilaksanakan ·
Guru memberikan apresiasi kepada
peserta didik yang telah bekerja sama dengan baik dalam kelompok ·
Guru memberikan evaluasi untuk
mengukur ketuntasan PBM ·
Guru menginformasikan kegiatan yang
akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya |
C.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Pengetahuan Teknik Penilaian:
TesUraian
2. PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / I
TP : 2022/2023
KD
Pengetahuan : Memahami pengetahan
(faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan dan
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 9 dan 10
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Memahami adab
islami kepada kepada tetangga
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan menjelaskan tentang menjelaskan
tentang adab islami kepada kepada tetangga |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi
apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan menyelesaikan tentang
adab islami kepada kepada tetangga |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi adab
islami kepada kepada tetangga |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang adab islami
kepada kepada tetangga dan mensimulasikan adab islami kepada kepada tetangga |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
membuat kesimpulan ·
Guru melakukan refleksi hasil belajar
yang telah dilaksanakan ·
Guru memberikan apresiasi kepada
peserta didik yang telah bekerja sama dengan baik dalam kelompok ·
Guru memberikan evaluasi untuk
mengukur ketuntasan PBM ·
Guru menginformasikan kegiatan yang
akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya |
C. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Pengetahuan Teknik Penilaian:
TesUraian
2. PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / I
TP : 2022/2023
KD Pengetahuan :
Memahami pengetahan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 9 dan 10
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Menganalisis kisah
sahabat Umar bin Khattab r.a.
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan menjelaskan tentang kisah sahabat Umar bin Khattab r.a |
Berfikir
kritis |
Guru menfasilitasi
peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi
apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan menyelesaikan tentang
Meneladani sifat-sifat utama sahabat Umar bin Khattab r.a. |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi kisah
sahabat Umar bin Khattab r.a |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang mensimulasikan kisah sahabat Umar bin Khattab r.a |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
membuat kesimpulan ·
Guru melakukan refleksi hasil belajar
yang telah dilaksanakan ·
Guru memberikan apresiasi kepada
peserta didik yang telah bekerja sama dengan baik dalam kelompok ·
Guru memberikan evaluasi untuk
mengukur ketuntasan PBM ·
Guru menginformasikan kegiatan yang
akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya |
C .Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Pengetahuan Teknik Penilaian: TesUraian
2.
PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / 2
TP : 2022/2023
KD Pengetahuan :
Memahami pengetahan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 1
A. Tujuan Pembelajaran
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran
akan adanya qadla’ dan qadar dan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepadanya perilaku orang yang beriman kepadanya
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio, pemberitahuan
contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif , dsb yang berhubugan dengan menjelaskan
tentang Menunjukkan bukti/dalil
kebenaran akan adanya qadla’ dan qadar dan ciri-ciri perilaku orang yang
beriman kepadanya perilaku
orang yang beriman kepadanya |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan tentang Beriman kepada qadla’ dan qadar |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi Beriman kepada qadla’ dan qadar |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Beriman kepada qadla’ dan qadar |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan 2. Guru melakukan refleksi hasil belajar yang telah dilaksanakan 3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah bekerja
sama dengan baik dalam kelompok 4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM 5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan
berikutnya |
C .Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Pengetahuan Teknik Penilaian: TesUraian
2.
PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / 2
TP : 2022/2023
KD Pengetahuan :
Memahami pengetahan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 2
A. Tujuan Pembelajaran
Meyakini macam-macam takdir yang
berhubungan dengan qadla’ dan qadar Allah SWT.
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan menjelaskan tentang macam-macam takdir yang
berhubungan dengan qadla’ dan qadar Allah SWT. |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan tentang qadla’ dan qadar Allah SWT. |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi yang berhubungan dengan qadla’
dan qadar Allah SWT. |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang macam-macam
takdir yang berhubungan dengan qadla’ dan qadar Allah SWT |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan 2. Guru melakukan refleksi hasil belajar yang telah dilaksanakan 3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah bekerja
sama dengan baik dalam kelompok 4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM 5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan
berikutnya |
C .Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Pengetahuan Teknik Penilaian: TesUraian
2.
PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / 2
TP : 2022/2023
KD Pengetahuan :
Memahami pengetahan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 3 dan 4
A. Tujuan Pembelajaran
Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada qadla’ dan qadar Allah
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan menyajikan kisah-kisah dari
berbagai sumber dalam fenomena kehidupan tentang qadla’ dan qadar |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan tentang. menyajikan kisah-kisah dari
berbagai sumber dalam fenomena kehidupan tentang qadla’ dan qadar dan bercerita
tentang qadla’ dan qadar |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi yang berhubungan dengan . menyajikan
kisah-kisah dari berbagai sumber dalam fenomena kehidupan tentang qadla’ dan
qadar dan bercerita tentang qadla’ dan qadar |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang . menyajikan
kisah-kisah dari berbagai sumber dalam fenomena kehidupan tentang qadla’ dan
qadar dan bercerita tentang qadla’ dan qadar |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan 2. Guru melakukan refleksi hasil belajar yang telah dilaksanakan 3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah bekerja
sama dengan baik dalam kelompok 4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM 5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan
berikutnya |
C .Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Pengetahuan Teknik Penilaian:
TesUraian
2.
PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / 2
TP : 2022/2023
KD Pengetahuan :
Memahami pengetahan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 5-6
A. Tujuan Pembelajaran
Memahami pentingnya akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak Islam
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio, pemberitahuan
contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif , dsb yang berhubugan dengan menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak
Islam |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan adab pergaulan remaja yang islami . |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi yang berhubungan dengan menyelesaikan adab pergaulan remaja yang islami |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang menghayati adab pergaulan remaja yang islami |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan 2. Guru melakukan refleksi hasil belajar yang telah dilaksanakan 3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah bekerja
sama dengan baik dalam kelompok 4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM 5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan
berikutnya |
C .Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Pengetahuan Teknik Penilaian:
TesUraian
2.
PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / 2
TP : 2022/2023
KD Pengetahuan :
Memahami pengetahan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 7 dan 8
A. Tujuan Pembelajaran
Menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam
kehidupan sehari-hari
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja dalam kehidupan sehari-hari |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja dalam kehidupan sehari-hari |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi mensimulasikan contoh perilaku
terpujidan dampak negatif perilaku tercela dalam pergaulan remaja, |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok bercerita tentang akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan 2. Guru melakukan refleksi hasil belajar yang telah dilaksanakan 3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah bekerja
sama dengan baik dalam kelompok 4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM 5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan
berikutnya |
C .Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Pengetahuan Teknik Penilaian: TesUraian
2.
PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / 2
TP : 2022/2023
KD Pengetahuan :
Memahami pengetahan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 9 dan 10
A. Tujuan Pembelajaran
Memahami adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di
tempat umum, dan di jalan
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan adab terhadap
lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan dan menghayatinya |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan menampilkan adab terhadap
lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan dan menghayatinya |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi mensimulasikan contoh perilaku adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan
tumbuhan di tempat umum, dan di jalan dan menghayatinya |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok bercerita tentang Adab terhadap lingkungan |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan 2. Guru melakukan refleksi hasil belajar yang telah dilaksanakan 3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah bekerja
sama dengan baik dalam kelompok 4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM 5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan
berikutnya |
C .Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Pengetahuan Teknik Penilaian: TesUraian
2.
PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
Solok, Januari 2023
Mengetahui
Kepala
Madrasah
Guru
Mata Pelajaran
ZULBADRI, Ss EFRINA, S.Pd.I
NIP.
197507262005011004
NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / 2
TP : 2022/2023
KD Pengetahuan :
Memahami pengetahan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 11 dan 12
A.
Tujuan
Pembelajaran
Terbiasa
beradab islami terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan, di
tempat umum, dan di jalan
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio, pemberitahuan
contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif , dsb yang berhubugan dengan adab terhadap
lingkungan, terbiasa beradab
islami terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum,
dan di jalan |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan menampilkan, bercerita tentang adab terhadap lingkungan, yaitu kepada
binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi mensimulasikan adab terhadap lingkungan, yaitu kepada
binatang dan tumbuhan di tempat umum dan di jalan |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok bercerita tentang Adab terhadap lingkungan |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan 2. Guru melakukan refleksi hasil belajar yang telah dilaksanakan 3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah bekerja
sama dengan baik dalam kelompok 4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM 5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan
berikutnya |
C .Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Pengetahuan Teknik Penilaian: TesUraian
2.
PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
Solok, Januari 2023
Mengetahui
Kepala
Madrasah
Guru
Mata Pelajaran
ZULBADRI, Ss EFRINA, S.Pd.I
NIP.
197507262005011004
NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / 2
TP : 2022/2023
KD Pengetahuan :
Memahami pengetahan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 13
A.
Tujuan
Pembelajaran
Menganalisis
kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan menjelaskan kisah keteladanan sahabat
Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a dan menghayatinya |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan
menyelesaikan menampilkan kisah
keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a dan menghayatinya |
Kolaboarsi
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi kisah keteladanan sahabat Usman bin Affa |
kasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok bercerita tentang kisah keteladanan
sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan 2. Guru melakukan refleksi hasil belajar yang telah dilaksanakan 3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah bekerja
sama dengan baik dalam kelompok 4. Guru memberikan evaluasi unNA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) |
Sekolah : MTsM Kota Solok
Mata
Pelajaran : Akidah Aklak
Kelas/Semester
: IX / 2
TP : 2022/2023
KD Pengetahuan :
Memahami pengetahan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan
dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KD
Keterampilan : Mencoba mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodiikasi,
dan mebuat) ranah abstrak (menulis, mencoba, menghitung, menggambar,
menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sama
dengan sudut pandang/ teori
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan
: 14
A.
Tujuan
Pembelajaran
Meneladani
sifat-sifat utama sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Guru
memeriksa kondisi kelas dan peserta didik, kemudian mengajak peserta didik
berdoa’ sebelum memulai pelajaran,
Guru memberikan motivasi dengan secara kontekstual tentang manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan nyata. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta uraian kegiatan
pembelajaran |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi atau ransangan untuk memusatkan perhatian pada materi
yang akan dipelajari dengan cara mengamati lembar kerja, foto, vidio,
pemberitahuan contoh-contoh materi/ soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif , dsb yang berhubugan dengan meneladani kisah
keteladanan sahabat Usman bin Affan |
Berfikir
kritis |
Guru
menfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu dilakukan dan menyelesaikan menceritakan kisah keteladaan Usman bin Affan, dan Ali
bin Abi Talib r.a |
Kolaboarsi
|
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah di
identifikasi melalui kegiatan diskusi dan saling tukar informasi kisah
keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a |
Komunikasi
|
Menyampaikan
dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok bercerita tentang kisah keteladanan
sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a |
Kreatif |
Peserta
Menghayati nilai berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan peserta didik didik menganaisis dan
menyimpulkan , tanggapan dan koreksi dari guru yang terkait pembelajaran |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan 2. Guru melakukan refleksi hasil belajar yang telah dilaksanakan 3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah bekerja
sama dengan baik dalam kelompok 4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM 5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan
berikutnya |
C .Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Pengetahuan Teknik Penilaian: TesUraian
2.
PenilaianKeterampilan Penilaian Praktek
Tidak ada komentar