Breaking News

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK DILLA, S.Pd. CGP ANGKATAN 11 SMPN 2 BUKITTINGGI


DILLA, S.Pd.
CGP ANGKATAN 11
SMPN 2 BUKITTINGGI
 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh

        Bertemu kembali dengan saya Dilla, S.Pd,  Calon Guru Penggerak Angkatan 11 dari SMP N 2 Bukittinggi Provinsi Sumatra Barat. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak.

         Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 3 ini dalam artikel ini.

        Kegiatan dan pelajaran dalam modul 1.3 ini telah selesai saya ikuti maka saya akan menuliskan refleksi saya seperti biasanya dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:  

1. Facts( Peristiwa)

2. Feelings ( Perasaan)

3. Findings ( Pembelajaran)

4. Future ( Penerapan )

Saya akan tuliskan satu persatu pengalaman dan refleksi saya:

1. Facts(Peristiwa)

        Pada minggu ke-2 bulan Juli yaitu tanggal 16 Juli 2024 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Lalu pada hari berikutnya tgl 17 dan 18 Juli 2024, eksplorasi konsep dengan forum diskusi dan dilanjutkan dengan koneksi antar materi. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendikan . 

    Pada hari Jumat tanggal 19 Juli 2024 saya mendapat kunjungan dari pengajar Pratik yaitu pendampingan individu dan sore harinya menjalani G-meet dalam agenda ruang Kolaborasi Modul 1.3. Pada ruang Kolaborasi ini saya dibersamai oleh Ibu fasilitator yaitu Ibu Siti Rohmah, M.Pd.  dengan didampingi pengajar Pratik Bapak Yulnaidi, S.Pd. dan semua guru penggerak angkatan 11 kelas 11.100 yang berasal dari Bukittinggi dan Kabupaten Solok. di ruang kolaborasi kami membahas materi tentang “Pernyataan prakarsa perubahan BAGJA “. Dalam diskusi yang dibentuk menjadi 2 kelompok. 

    Dan saya di kelompok 2  bersama Bapak Nazman, Pak Agung, Ibu Dewi, Ibu Elvi, dan Ibu Sintia yang berasal dari Bukittinggi. Saya dan anggota kelompok yang lain harus merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati satu kelompok kemudian kita harus membuat sebuah prakarsa perubahan dan kita juga harus membuat tahapan BAGJA sesuai dengan prakarsa perubahan yang akan kita disepakati dalam satu kelompok.

    Selain itu saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. Saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.

    Pada tanggal 20 Juli 2024, saya mengikuti Lokakarya 1, bertempat di SMPN 7 Kota Bukittinggi, dari jam 07.30 sampai jam 15.30 WIB. di sana saya belajar dan berdiskusi tentang komunitas Praktisi. Mengidentifikasi Komunikasi Praktisi dan menganalisa Pemetaan Komunitas Praktisi, serta memahami Peran Guru Penggerak dalam menggerakkan Komunitas Praktisi, melihat potensi komunitas Praktisi, materi diberikan secara menarik dan menyenangkan oleh para Pengajar Praktek, dengan diselingi ice breaking dan permainan yang bermakna  dan sangat menyenangkan. Sehingga terciptalah kedekatan dan terbentuk kolaborasi yang sangat hangat dengan calon guru penggerak lainnya yang ada di Kota Bukittinggi. 

    Pada Senin 22 Juli 2024, kami melanjutkan ruang kolaborasi dengan presentasi tugas kelompok.  Dalam pelaksanaannya, tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi serta pemberian Umpan balik dan  saling diskusi menyampaikan pendapat dan mengomentari pendapat kelompok lain. Banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang saya dapatkan di kegiatan presentasi tesebut. Pada tanggal 23 - 29 Juli 2024 kita harus mempelajari materi demonstrasi kontekstual, Koneksi Antar Materi dan Jurnal dwi mingguan. Selanjutnya kami harus membuat tugas sebelum duedate pengumpulan. 

    Pada tanggal 26 Juli 2024 kami melakukan sesi elaborasi pemahaman dengan Instruktur Bapak Paryono pada pukul 15.30- 17.00 WIB dan Ibu Fasil Siti Rohmah dan Bapak PP Yulnaidi serta CGP angkatan 11 dari berbagai kota dan daerah di Sumatera Barat. Elaborasi pemahan sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini, kami mempelajari dan menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang, bermakna, kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai, membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersebut di tempat kita berkarya.

       Hasil dari pembelajaran modul 1.3 ini adalah membuat aksi nyata dan dikumpulkan pada tanggal 29 Juli 2024.  Sejak tanggal 25 saya sudah mulai membuat Jurnal Refleksi Dwimingguan. Dan tanggal 28 Juli 2024 saya mulai membuat Aksi nyata modul 1.3 Dan mengumpulkan sebelum diedate pengumpulan tugas. 

2. Feelings ( Perasaan )

    Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi untuk semangat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan. Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud. Banyak hal baru yang saya pelajari dalam materi modul 1.3 untuk membuat  visi gambaran untuk mewujudkan murid  yang berkarakter baik dimasa mendatang.

3. Findings ( Pembelajaran)

     Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami inkuiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiati (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). 

    Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada, namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga pemikiran kita diarahkan ke arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.

4. Future ( Penerapan)

    Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu "Mewujudkan murid yang Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME, Berakhlak Mulia, Mandiri, Kreatif, Inovatif dan Berwawasan Global  yang sesuai dengan profil Pelajar Pancasila." Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu "Mewujudkan murid yang kreatif melalui pembelajaran yang menyenangkan."

   Melalui pembelajaran yang menyenangkan yang berpihak pada murid sehingga membuat murid berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Untuk mewujudkan murid yang kreatif melalui pembelajaran yang menyenangkan saya harus melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak. Demikianlah Jurnal Dwi Mingguan saya terkait modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak.

 

Salam Guru Penggerak! Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh

DILLA, S.Pd.

      



 

Tidak ada komentar